Komisi A DPRD Garut, Desak Penegak Hukum Tindak Kades Bermasalah -->

Adsense




Komisi A DPRD Garut, Desak Penegak Hukum Tindak Kades Bermasalah

87 Online News
Jumat, 08 September 2017

KAB.GARUT - Menanggapi aksi unjuk rasa yang dilakukan ratusan masyarakat Desa Karyajaya, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut yang menuntut Kades Karyajaya untuk mundur dari jabatannya, Sekretaris Komisi A DPRD Garut Dadang Sudrajat mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menuntaskan secara hukum, Kepala Desa yang tengah berurusan dengan hukum.

"Kami juga sudah menerima keluhan dari masyarakat termasuk laporan pada Kejaksaan Negeri terkait dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh Kepala Desa Karyajaya," kata Dadang Sudrajat kepada Wartawan di Gedung DPRD Garut, Jumat (08/09/17).

Menurut Dadang, banyaknya Kepala Desa yang berurusan dengan hukum di Kabupaten Garut ini akibat lemahnya pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Garut.

"Pembinaan juga bukan hanya dalam penggunaan anggaran saja, melainkan terhadap kinerja Kepala Desa dan aparaturnya. Kami mendorong agar APH, segera menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut,"jelasnya.

Ia juga menuturkan, persoalan Desa, khususnya dalam kasus dugaan penyimpangan kerap tidak di proses dengan serius oleh Pemkab Garut dan Aparat Penegak Hukum. Baik yang menyangkut anggaran Desa dan kasus pribadi Kepala Desa itu sendiri.

"Bukan saja yang terjadi di Kecamatan Bayongbong, melainkan kasus yang baru menimpa Kepala Desa Keresek, yang di duga telah melakukan penipuan jual beli tanah di lahan eks pasar Cibatu,"ungkap Dadang.

Selain mendesak APH, lanjut Dadang, Komisi A DPRD Garut juga akan segera memanggil Inspektorat untuk mempertanyakan sejauh mana penanganan kasus Kepala Desa yang bermasalah. Disamping itu, pihaknya juga mendukung langkah Bupati Garut, yang akan mengambil tindakan tegas terhadap Kepala Desa yang bermasalah.

"Bupati Garut, Rudy Gunawan, sudah angkat suara, yang mana akan memberhentikan sementara waktu jabatan Kepala Desa, yang sedang berurusan dengan hukum. Hal tersebut langkah yang sangat tepat dan harus segera dilakukan,"pungkasnya. (TRY)