Kejari Bogor Musnahkan Berbagai Barang Bukti Dari Pelaku Kejahatan -->

Adsense




Kejari Bogor Musnahkan Berbagai Barang Bukti Dari Pelaku Kejahatan

87 Online News
Rabu, 06 September 2017

KOTA BOGOR - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor melakukan pemusnahan ribuan gram Narkotika dan Psikotropika senpi dan berbagai barang bukti dari pelaku kejahatan. Bertempat di halaman Kejari Kota Bogor, Jalan Ir Juanda, Rabu (6/9/2017).

Kepala Kejari Bogor, Teguh Darmawan memaparkan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut beranekaragam jenis diantaranya sabu-sabu, ganja, ekstasi dan obat-obatan terlarang lainnya. Tak hanya itu, barang bukti seperti hp, tas, senjata api (senpi), kunci leter T, dan timbangan pun turut dimusnahkan.

"Hari ini kita musnahkan puluhan ribu gram narkotika, diantaranya ganja seberat 10.845,348 gram dan sabu 522,609 gram, ditambah lagi dengan 35 butir ekstasi dan obat-obatan terlarang, serta puluhan barang bukti lainnya. Pemusnahan barang tersebut dengan cara di bakar, di rebus dan dipotong menggunakan mesin," tuturnya kepada para wartawan.

Menurutnya, pemusnahan barang-barang bukti itu berdasarkan keputusan pengadilan yang dikumpulkan selama kurang lebih 9 bulan, yakni sejak November 2016 hingga Juli 2017 yang merupakan hasil perampasan dari para pelaku kejahatan.

"Barang yang di musnahkan ini sifatnya telah berkekuatan hukum tetap. Artinya, barang tersebut sudah ingkrah, dan kami di Kejaksaan selaku eksekutor untuk mengeksekusi terhadap Keputusan Pengadilan Negeri Kota Bogor," ungkap Teguh.

Hadir dalam pemusnahan barang haram tersebut diantaranya, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Syarif, Ketua Pengadilan Kota Bogor Tenri Muslinda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Dr Rubaeah, serta Kapolresta Bogor Kota yang diwakili Kasat Narkoba.

Pada kesempatan itu, Sekda Kota Bogor, Ade Sarip mengapresiasi dan mendukung penuh apa yang dilakukan Kejaksaan. Menurutnya, dengan pemusnahan barang haram itu merupakan sebuah bukti nyata keseriusan Pemerintah Kota Bogor didalam memberantas dan menangani permasalahan narkoba.

"Saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman di Kejaksaan. Ini sebuah bukti nyata bahwa kita serius menangani permasalahan narkoba di Kota Bogor," ungkap Ade.

Kedepan, tambah Ade, pihaknya akan mengusulkan pembentukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bogor dan pastinya akan melibatkan kepolisian Polresta Bogor Kota.

"Kita sudah siapkan persyaratan persyaratannya dan sudah membentuk tim di beberapa daerah. Insyaallah dalam waktu dekat kita akan minta personil ke Polresta Bogor Kota sebagai ketua BNN Kota Bogor. karena ini harus punya pengalaman dan pemahaman tentang narkotika," pungkasnya. (MTD)