Kegiatan TMMD Ke 100 Kodim 0619, Berikan Dampak Positif Bagi Warga -->

Adsense




Kegiatan TMMD Ke 100 Kodim 0619, Berikan Dampak Positif Bagi Warga

87 Online News
Sabtu, 23 September 2017

PURWAKARTA - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada awalnya dikenal dengan kata ABRI Masuk Desa (AMD) yang merupakan program kerja sama antara TNI, Pemerintah Daerah serta komponen lainnya yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membangun meningkatkan pembangunan daerah-daerah yang tertinggal, terisolasi daerah pinggiran dan terbelakang. 

Seperti halnya TMMD ke 100 Kodim 0619 Purwakarta, merupakan salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan sangat terorganisir yang memiliki maksud, tujuan serta manfaat yang jelas baik bagi kepentingan TNI, Masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

Warga desa Kiara Pedes, Iwan Jamaludin (38) mengaku secara langsung dirinya dapat merasakan manfaat dan hal yang positif bagi daerah kami dari adanya program kegiatan TMMD tersebut.

"Kegiatan hal positif yang kami rasakan seperti kegiatan dimalam hari yang biasa sunyi, saat ini menjadi ramai dengan segala aktivitas seperti mengajar mengaji bagi anak-anak kami, kegiatan jaga pos siskamling, olahraga bersama, bergotong-royong bahkan sampai membuat anak-anak kami termotivasi ingin menjadi anggota TNI sehingga tercipta suasana kekeluargaan, kebersamaan antara warga dengan TNI Satgas TMMD dalam segala hal," tutur pria yang akrab disapa Buluk, Jumat (22/9). 

Menurutnya, dengan adanya program kegiatan TMMD, Iwan juga masyarakat lain pada umumnya merasakan hal yang positif seperti pembukaan jalan yang dapat mempermudah jalur transportasi serta mempererat silaturahmi dengan saudaranya yang berada di Kecamatan Cibatu. 

"Dengan dibukanya jalur penghubung antara Kecamatan Kiara Pedes dengan Kecamatan Cibatu ini membuat saya lebih mudah untuk mengunjungi saudara yang ada di Cibatu," ungkap Iwan.

Biasanya, lanjut dia, dirinya harus memutar untuk menemui saudara yang berada di Kecamatan Cibatu. Namun, setelah terbangunnya jalan oleh TMMD tersebut, dirinya tidak perlu memutar dan juga jaraknya jadi semakin dekat serta bisa kapan saja berkunjung ke rumah saudaranya untuk lebih mempererat tali silaturahmi.

"Semoga saja semangat kemanungggalan TNI dengan masyarakat dapat terjaga dan selalu harmonis," pungkasnya. (Red)