Atasi Permasalahan Sampah, Tim Hijau Membangun Tempat Pengolahan Sampah -->

Adsense




Atasi Permasalahan Sampah, Tim Hijau Membangun Tempat Pengolahan Sampah

87 Online News
Kamis, 07 September 2017

KAB.BOGOR - Untuk mengatasi permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian masyarakat Kampung Sukaraja, khususnya masyarakat diwilayah RW 05, Desa Cikeas agar tidak membuang dan membakar sampah sembarangan. Kelompok masyarakat pecinta lingkungan yang menamakan diri Tim Hijau membangun tempat pengolahan sampah di Kampung Sukaraja RT 06/05, desa Cikeas Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Rd Mursid, salah seorang penggerak Tim Hijau menjelaskan, pengolahan sampah ini dibangun sekitar satu bulan yang lalu, dengan tujuan agar masyarakat tidak membuang sampah disembarang tempat serta salah satu kegiatan dalam program Sukaraja Bersih Sehat Ramah Lingkungan (Berseri) yang digagasnya bersama ketua RW 05 dan Masyarakat sekitar.

"Pengolahan sampah ini baru dibangun dari swadaya masyarakat dan dibantu oleh pemerintah desa Cikeas sekitar satu bulan yang lalu, sampah diangkut dari masyarakat dengan membayar iuran Rp 10 ribu per bulan untuk masing-masing kepala keluarga,"jelasnya, kepada wartawan saat ditemui dilokasi pengolahan sampah, Senin (05/09/17).

Lanjut Mursid menuturkan, Kedepan pihaknya juga akan membangun unit bank sampah di setiap RT untuk sarana edukasi, sedangkan limbahnya akan diolah ditempat pegolahan sampah tersebut.

"Nanti setelahbsampah-sampah tersebut dipilah dari bank sampah, limbah daur ulangnya diolah atau dicacah menggunakan mesin hingga halus untuk dimanfaatkan sebagai campuran media tanam atau pupuk kompos organik," tutur mantan Pimpinan Redaksi Tabloid Gerbang Informasi Pertanian (Gesit).

Ia mengatakan, belum tersedianya tong sampah di masing-masing rumah dan sarana pengangkut sampah menjadi salah satu kendala dalam menjalankan kegiatan tersebut. "Saat ini, kami masih terkendala tong sampah dan sarana untuk mengangkut sampah,"imbuhnya.

Mursid menambahkan, untuk tetap mejaga kebersihan lingkungan dan mempertahankan predikat RW teladan, Tim Hijau bersama masyarakat setempat rutin melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan setiap hari jumat. "Kedepannya kita juga akan memberlakukan sangsi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan," pungkasnya. (IB)