Tingkatkan Kemampuan Masyarakat Dan Pememerintahan Desa, DPMD Kabupaten Bogor Lakukan Berbagai Kegiatan Pelatihan -->

Adsense




Tingkatkan Kemampuan Masyarakat Dan Pememerintahan Desa, DPMD Kabupaten Bogor Lakukan Berbagai Kegiatan Pelatihan

87 Online News
Senin, 28 Agustus 2017

Foto: Kegiatan Pelatihan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat Tahun 2017
KAB.BOGOR - Sebagai penyelenggaraan perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa serta penyelenggaraan kesekretariatan, pemerintahan desa/kelurahan, peguatan kelembagaan dan partisipasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat, sumberdaya alam dan teknologi tepat guna.

Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dan pemerintah desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor terus melakukan berbagai kegiatan pelatihan diantaranya, Kegiatan Pelatihan Bantuan Keuangan Provinsi Jabar Tahun 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (21/07/2017) hingga Kamis (10/08/2017) menghadirkan narasumber dari Bidang Sarana Prasarana dan Kewilayahan DPMD Kabupaten Bogor, bertempat di Aula/Ruang rapat DPMD Kabupaten Bogor ini diikuti para salah satu kepala seksi dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor yang menangani kegiatan bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08:00 hingga pukul 15:00 WIB setiap hari kerja.


Foto: Kegiatan Pelatihan OMSPANS
Selain itu, DPMD Kabupaten Bogor juga melakukan Kegiatan Pelatihan Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPANS) bagi seluruh desa penerima dana desa.

Dalam hal ini, Bupati Bogor sebagai kepala daerah penerima dana desa, diwajibkan untuk menyampaikan laporan kepada Kepala KPPN melalui aplikasi dana desa di Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN).

Laporan tersebut diantaranya laporan realisasi penyaluran dana desa, dan laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output dana desa.

Pelatihan yang dilakukan pada Rabu (02/08/2017) hingga Jumat (04/08/2017) ini, dilakukan karena ternyata laporan realisasi penyerapan anggaran paling kurang sebesar 75 persen dan rata-rata capaian output menunjukkan paling kurang sebesar 50 persen.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula DPMD Kabupaten Bogor tersebut menghadirkan narasumber dari Seksi Pendapatan dan Kekayaan Desa Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa dan Tenaga Ahli dari DPMD Kabupaten Bogor.

Foto: Kegiatan Sosialisasi Kajian Kerjasama Desa di Kabupaten Bogor
Untuk membantu kemampuan desa mengidentifikasi dan menganalisis potensi kerjasama desa maupun antar desa sesuai dengan karakteristiknya, DPMD Kabupaten Bogor melakukan sosialisasi Kajian Kerjasama Desa pada Selasa (15/08/2017).

Kegiatan yang diikuti para kepala seksi pembangunan dari 39 kecamatan se Kabupaten Bogor ini juga ditujukan sebagai bahan yang dapat digunakan dalam penyusunan peraturan atau ketentuan tentang kerjasama desa maupun pedoman umum dan pedoman teknis.

Kajian kerjasama desa ini dimaksudkan agar adanya dokumen pendukung yang memuat dasar-dasar rumusan kebijakan kerjasama desa di Kabupaten Bogor, sekaligus merupakan langkah pembuka bagi desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor dalam pembentukan lembaga kerjasama desa.

Kegiatan yang diselenggarakan Bidang Sarana Prasarana dan Kewilayahan DPMD Kabupaten Bogor di gelar di Kantor DPMD Kabupaten Bogor.


Mengingat pentingnya pemahaman mengenai prosedur dan kelengkapan administrasi, mekanisme pencairan dan penggunaan bantuan infrastruktur perdesaan yang harus dikuasai para pengelolanya. Untuk itu, DPMD Kabupaten Bogor melakukan rapat membahas bantuan infrastruktur perdesaan, pada Senin (21/08/2017)di Kantor DPMD Kabupaten Bogor di Jalan KR Dedi Kusmayadi, Cibinong.

Kegiatan ini dibuka dan dipimpin oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Desa, Bidang Sarana dan Prasarana Kewilayahan, DPMD Kabupaten Bogor mewakili Kepala DPMD Kabupaten Bogor dan diikuti para Kepala Seksi Pembangunan di 39 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Bogor.

Foto: Kegiatan Rapat Pembahasan Bantuan Infrastruktur Perdesaan Tahun 2017.
Dalam pertemuan ini dibahas soal prosedur dan kelengkapan administrasi, mekanisme pencairan dan penggunaan bantuan infrastruktur perdesaan yang diberikan kepada desa yang ada di Kabupaten Bogor. (Publikasi Kinerja DPMD Kabupaten Bogor, Agustus Tahun 2017)