Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Tebar Benih Ikan Di Setu Burung Dramaga -->

Adsense




Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Tebar Benih Ikan Di Setu Burung Dramaga

87 Online News
Senin, 28 Agustus 2017

DRAMAGA - Sekertaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya bersama Muspika dan ketua PK KNPI Dramaga, Arof Akbar serta Dinas Perikanan Kelautan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, menebar benih ikan, di Setu Burung, Senin (28/8).

Asep Wahyuwijaya, sebanyak 400 ribu benih ikan mas dan ikan nila yang do sebar di Setu seluas 2,5 Hektar di Kampung Carang Pulang, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga ini bertujuan untuk melestarikan sumber hayati.

"Sudah empat situ yang direhabiltasi Balai besar Sungai Ciliwung-Cisadane yang disebar benih ikan diantaranya, Situ Cigudeg dan Situ Kadongdong, Desa Koleang, Jasinga. Bahkan Situ Cigudeg telah dinikmati oleh masyarakat Cigudeg dengan melalui kegiatan mancing bersama,"kata Politisi Partai Demokrat yang akrab disapa Kang AW.

Ia menjelaskan, selain untuk melestarikan sumber hayati, penyebaran benih ikan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyaraat sekitar. "Seperti di Ciamis Garut disana dari hasil pemanfaat potensi perikan dari hasil tebar benih ikan dan dimanfaatkan bisa meraup keuntungan tiap bulanya," ujarnya.

Kang AW menambahkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dan mendukung atas berjalannya kegiatan ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Disnakan Kabupaten Bogor UPT peternakan dan perikanan serta semua pihak yang telah berkerjasama dan bersinergi dalam mensukseskan program yang baik untuk rakyat ini,"pungkasnya.

Sementara itu, Camat Dramaga Baehaki mengatakan banyak berterima kasih Kepada Sekertaris Komisi II DPRD Jawa Barat yang sudah merekomendasikan dan mendorong kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat untuk melakukan tebar benih ikan di Setu Burung Dramaga.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pa Ase Wahyuwijaya. Ini tentu sangat bermanfaat untuk warga. Dan, saya harap kepada Kepala Desa Cikarawang untuk mejaga setu ini agar tidak dipancing sembarangan," ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Daya Saing Perikana Kabupaten Bogor, Rohman mengatakan pihaknya meminta agar hasil tebar benih ikan di Setu seluas 2, 5 Hektar ini bisa dimaanfaatkan dan di dibentuk pokmas untuk pengelolaanya.

"Kita sudah memasang papan himbauan untuk tidak melakukan penangkapan ikan sembarangan. Dan diharapkan kepala Desa membentuk Pokmas untuk melakukan pengawasan terhadaap setu yang sudah ditebar benih ikan ini," tutupnya. (Ozos)