Breaking News

Balita Gizi Buruk Di Kecamatan Tenjo Butuh Uluran Tangan Pemerintah

TENJOMuhamad Agung Syaputra, balita berusia 9 bulan, warga Kampung Cilaku Tegal  Rt 06/02, Desa Cilaku Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, kondisinya semakin hari semakin memprihatinkan dengan berat badan yang terus menyusut hingga 5,4 kg. 

Sarinah (35), ibu kandung bocah berjenis kelamin laki-laki tersebut mengatakan, buah hatinya diduga mengalami gizi buruk sejak bulan Januari 2017 lalu. Segala usaha untuk memulihkan kondisi kesehatan anak kesayangnya sudah dilakukan, mulai dari membawanya ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

"Anak saya sudah lana pengidap penyakit kaya gini, perut buncit. Awalnya hanya menderita sakit Panas yang amat tinggi, kemudian dibawa ke Puskesmas Tenjo untuk mendapatkan dan sempat dirawat. Kata dokter, anak saya mengalami ke kurangan gizi," tutur Sarinah saat ditemui di kediamannya, Minggu (13/8/17).

Sarinah menambahkan, setelah menjalani perawatan selama beberapa hari, namun kondisi Agung tak kinjung membaik dan semakin hari berat badannya terus menyusut. 

"Agung sempat dirawat beberapa hari di Puskesmas Tenjo, tapi tak kunjung sembuh, malah berat badannya makin turun," imbuhnya.

Ia berharap kepada pemerintah Kabupaten Bogor, dapat membantu meringankan beban biaya pengobatan putra kesayangannya.

Melinda (28), bidan Desa Cilaku mengakui kalau Anak yang bernama Muhamad Agung Syaputra, memang mengalami kekurangan gizi sejak lahir. Bahkan, dari pihak Pukesmas sudah mensosialisasikan imunisasi.

"Sebelumnya kami sering melakukan imunisasi di setiap RT, setiap imunisasi memang yang menjadi penyebab adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya imunisasi. Jadi agak susah untuk di imunisasi," ujarnya.

Ditempat yang sama, Camat Tenjo Asnan menangatakan, dengan adanya balita berusia 9 bulan yang mengalami kekurangan gizi di Desa Cilaku tersebut sebagai contoh kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya imunisasi dan kesehatan.

"Untuk itu, saya akan terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya imunisasi dan kesehatan di Kecamatan Tenjo ini, supaya masyarakat paham tentang pentingnya hal tersebut," tutupnya. (Ozos)