Breaking News

Atasi Kemacetan Jalur Puncak Akan Dilebarkan Hingga 4 Meter

CIBINONG - Untuk mengatasi kemacetan yang semakin parah di jalan menuju kawasan Puncak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan melebarkan jalur tersebut.

Menurut Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika mengatakan, agar dapat menampung kendaraan wisatawan saat menuju ke kawasan wisata Puncak, jalur Puncak rencananya akan dibuat menjadi empat lajur . 

Untuk pelebaran jalan, rencananya masing-masing akan diambil dua meter pada sisi kiri dan kanan jalan. "Kalau kami inginnya pelebaran masing-masing 3,5 meter agar ada pembatas jalan," jelasnya, Selasa (8/8/17).

Ajat mengatakan, untuk membenahi jalur wisata puncak, mulai dari sekitaran Gadog hingga Cianjur, Pemerintah pusat akan menganggarkan dana sekitar Rp36 miliar. Pihaknya juga sedang membahas mengenai perubahan geometri di titik yang rawan terjadinya kecelakaan, seperti di Tanjakan Selarong. 

Beberapa program yang telah dibahas oleh pemerintah daerah, mulai dari pelebaran jalan hingga mengembalikan kawasan puncak sebagai destinasi wisata.

"Terlebih belakangan ini, jalur puncak menjadi sorotan setelah terjadi kasus kecelakaan yang banyak menelan korban jiwa. Hasil kajiannya akan kami usulkan kepada pemerintah pusat," pungkasnya. (IB)