Breaking News

Sebelas Kepala Keluarga Korban Longsor PT JDG Dapat Penggantian

BOGOR - Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTM) PT. Jaya Dinamika Grup (JDG) menepati janjinya mencairkan ganti untung kepada 11 (Sebelas) kepala keluarga yang rumahnya terdampak longsor bulan lalu, di Kampung Muara RT 03/02, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Informasi yang dihimpun, sesuai kesepakatan sebelumnya yang ditandatangani Direktur PT JDG, yakni Siti Rahayu dengan warga korban longsor serta para saksi diantaranya Dirjen Ketenagakerjaan Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM) Andi M Soemantri, Dirjen KESDM Rida Mulyana, Direktur Regional PLN Nasri, Dirjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) M Karliansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Panji Ksatriyadji serta anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bogor, Adian Napitupulu, ganti untung pun diberikan dengan nilai beragam disesuaikan luas lahan.

Sebelas kepala keluarga warga korban longsor dikumpulkan di kantor PT JDG di Kp. Wangun RT 01/04 Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Selasa (11/7/17). Hadir pada pada kesempatan itu, Kapolsek Cibungbulang, Kompol Agus Suyandi, Camat Pamijahan Rosyidin dan Direktur PT JDG Siti Rahayu. Oleh perwakilan PT JDG, masing-masing kepala keluarga dipanggil satu per satu dan diberikan cek Bank BRI.

Ganti untung korban terdampak longsor Pamijahan yang diberikan oleh PT JDG kepada 11 warga tersebut merujuk luas kepemilikan lahan minimal yakni Rp145 juta hingga tertinggi Rp306 juta.

"Semoga dengan pemberian ganti untung tersebut bisa bermanfaat dan menjadi obat bagi 11 warga yang rumahnya terdampak longsor," ujar Ali Taufan Vinaya, aktivis Pamijahan yang menjadi pendamping warga.

Mantan aktivis Forum Kota (Forkot) ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR RI, Adian Napitupulu yang telah menjembatani warga untuk mendapatkan haknya.

"Bulan lalu, Adian ikut hadir ke lokasi meninjau korban longsor, sehari setelah terjadinya musibah. Dia juga membawa rombongan Instansi terkait, serta mengupayakan hak warga agar dipenuhi. Saya, mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada Adian dan semua pihak yang telah membantu warga korban longsor," ungkapnya.        

Beberapa warga penerima pemggantian, mengaku sangat suka cita. "Tentunya kami sangat senang sudah mendapat penggantian, dan tidak ada potongan," kata salah seorang warga korban longsor Pamijahan yang enggan menyebutkan identitasnya. (Red)