Breaking News

Koalisi dengan PKS, Gerindra Target Menangkan Bupati Cirebon 2018

CIREBON - Gerindra menargetkan kemenangan dalam Pemilihan Bupati Cirebon 2018. Dalam ajang ini PKS kembali menjadi rekan koalisi Gerindra. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cirebon, H. Subhan. Gerindra dan PKS juga disebut akan mengajak partai lainnya untuk berkoalisi di Pilkada Cirebon 2018. 

"Kita sudah menjalin komunikasi dan menyatakan koalisi dengan PKS. Kita sudah melakukan deklarasi pada tanggal 11 Juni yang lalu," ujar Subhan melalui rilis yang diterima redaksi, Rabu, (5/7).

Saat ini,  kata Subhan partainya tengah melakukan verivikasi terhadap 7 orang kandidat yang mendaftar. Data verifikasi akan diserahkan kepada DPD Gerindra pada 7 Juli mendatang. Dalam proses ini, Subhan mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi mengenai calon yang layak diusung. 

"Kalau untuk 1 tujuan satu misi sudah ok, tinggal kita sedang menggodok soal siapa yg akan kita unggulkan untuk menjadi calon," imbuhnya. 

Selain dengan PKS Subhan mengaku Gerindra akan menggandeng partai lain untuk berkoalisi dalam ajang ini. Terlebih saat ini, Subhan menilai PDIP sebagai "lawan" politik tengah melakukan strategi untuk memenangkan kembali sang incumbent. Untuk itu, partai berlambang burung garuda tersebut kian gencar menjaring kekutan dari partai lain seperti PKB dan Demokrat.

"Disini kita melihat juga faktor lawan, yakni PDIP yang kelihatannya ada incumbent yang masih berambisi menduduki jabatan. jadi, kita harus mengatur dan menambah kekuatan sedemikian rupa. Oleh karena itu koalisi yang kita bangun tidak sekedar dengan PKS tetapi melihat fugur lain yang bisa menambah kekuatan," jelas Subhan.

PKB dan Demokrat sendiri dinilainya memiliki kesamaan visi misi maupun tujuan hanya saja kedua partai tersebut belum melakukan deklarasi secara formal. 

"Sekarang PKB dan Demokrat juga bergabung hanya belum melakukan deklarasi formal. Seperti PKB misalnya masih mempertimbangkan faktor- faktor perubahan di partai lain, tapi idealnya Gerindra, 

PKS, dan PKB bisa terbentuk menjadi Kor. Sehingga tidak menutup kemungkinan timbulnya ketertarikan dari partai lain untuk bergabung dengan kami," papar Subhan. 

Di tempat yang sama Anggawira, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pilkada DPD Gerindra Jabar, menilai koalisi yang dibangun DPC Gerindra Kabupaten Cirebon sudah solid dan mengerucut untuk mencari kadidat terbaik yang mengerti dan memahami  kebutuhan masyarakat cirebon

"Petahana saat ini juga sedang bermasalah dan tidak memiliki prestasi saat memimpin jadi ini kesempatan besar kita untuk melakukan perbaikan dengan mengusung calon yang kompeten," ujar Anggawira yang juga inisiator "Gerakan Memakmurkan Cirebon" itu. (IB)