Breaking News

Gunung Salak Diguncang Gempa, Warga Bogor Diminta Tetap waspada

BOGOR - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Gunung Salak, Barat Daya Kabupaten Bogor pada koordinat episenter 6.81 LS dan 106.61 BT, pada kedalaman 10 kilometer, Senin(31/7). Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 11:38:46 WIB dengan kekuatan 3.3 Skala Richter.

Dari rilis yang diterima Redaksi Wira Desa, berdasarkan hasil analisa pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah Gunung Salak Kecamatan Pamijahan.

Menurut Budi Pranowo selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Bogor, hingga saat ini, belum ada laporan terkait adanya kerusakan akibat gempa. "Kalau ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Budi,  (dilansir dari republikaonline), Senin (31/7).

Jika merujuk pada hasil monitoring BMKG, lanjut Budi, hingga saat ini belum belum adanya aktivitas gempa susulan. Karenanya, dia tetap mengimbau agar masyarakat di Wilayah Gunung Salak Kabupaten Bogor dan sekitarnya tetap tenang. (Red)