» » » » » Disbudpar Kabupaten Bogor Harapkan Destinasi Wisata Bisa Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

CIBINONG - Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Wawan Darmawan mengharapkan pariwisata di Kabupaten Bogor terus digiatkan dengan berbasis masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ia mengambil contoh salah satunya, Obyek Wisata Alam Panorama Pabangbon, di desa Pabangbon Kecamatan Leuwiliang yang sedang hits saat ini dan telah menarik banyak perhatian para wisatawan atau pengunjung.

"Namun sangat disayangkan, pengelola wisata dan para pelaku usaha di obyek wisata tersebut tidak di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)," ungkapnya, saat review usai kegiatan Fam Trip bersama para jurnalis ke beberapa obyek wisata di Kabupaten Bogor, Kamis (13/7/17).

Hal senada diungkapkan Kepala bidang kemitraan pada Dinas Kebudayaan dan pariwisata, Sugdiono. Menurutnya, ada baiknya para pelaku usaha baik pedagang atau pelaku UKM yang ada di sekitar lokasi wisata yang seyogyanya bisa diberdayakan dari dana desa melalui bidang pemberdayaan dan LMDH, selaku pengelola menjadi Bumdes.

Disamping itu lanjut Sudiono, hospitality masyarakat disekitar lokasi wisata juga perlu ditingkatkan, seperti contoh di Jepang yang terkenal dengan desa-desa wisata yang ramah, sopan, dan hormat dengan tamu atau wisatawan yang berkunjung. Tentu saja hal ini tidak bisa instan. Tidak juga datang tiba-tiba.

"Semua ada ilmunya dan harus diajarkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Kita juga punya budaya Timur yang etika dan sopan santunnya tinggi. Dalam hal ini, Sapta Pesona dan Sadar Wisata sangat penting untuk menjadi tuan rumah yang baik. Maka dengan didasari hal tersebut, wisatawan akan semakin betah dan meningkat hingga pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan, khususnya bagi masyarakat di sekitar lokasi wisata,"tambah Sudiono.

Sekedar diketahui, Tujuh unsur sapta pesona sering disimbolkan dengan matahari bulat bergambar kepala manusia dengan tujuh letupan yang mengelilingi bulatan itu. Ketujuh simbolnya, yakni Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.

Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan satu di antara 10 program prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di ranah persaingan global. Gerakan ini sudah terbukti mampu memperbaiki kelemahan pada unsur safety and security, health and hygiene, ICT readiness, enviromental sustainability, maupun tourist service infrastructure.

Partisipasi masyarakat merupakan suatu keharusan atau prasyarat  dalam pembangunan pariwisata yang berkalanjutan. Untuk itu, perlu upaya dalam mendorong partisipasi masyarakat dengan meningkatkan pemahaman pariwisata melalui kegiatan penyuluhan pariwisata.

Dengan memberikan penyuluhan kepda masyarakat tentang Sadar Wisata dan Sapta Pesona secara berkelanjutan  diharapkan seluruh lapisan masyarakat mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai dan tujuan penyuluhan Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Dengan demikian pemerintah bersama-sama masyarakat dan pengusaha pariwisata dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Bogor.

Pemahaman akan istilah-istilah pokok dalam kepariwisataan sangat penting agar ada kesamaan dan kesatuam bahasa, sehingga akan memudahkan dalam mencernakan hal- hal yang berkaitan dengan pendalaman tentang maksud pariwisata.

Pariwisata dan sapta pesona adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, dua hal ini harus diwujudkan secara bersamaan sehingga pariwisata akan semakin diminati wisatawan. Selama pariwisita itu harus ada, sapta pesona itu tetap ada. Sapta pesona ini rohnya pariwisata, kalau hilang sapta pesonya hilang juga esensinya.

Tujuh unsur dalam Sapta Pesona yakni aman, tertib, bersih, nyaman, indah, ramah dan kenangan ini harus menjadi budaya dan perilaku masyarakat. Tujuh unsur ini mengandung perilaku dan pelayanan, karena dalam hal pariwisata melibatkan seluruh lini dan stimulan. (IB)

Foto : Wisata Alam Panorama Pabangbon

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply