Breaking News

Jelang Idul Fitri, Kecamatan Kelapa Nunggal Sediakan 535 Sembako Murah

CIBINONG – Salah satu solusi ditengah perekonomian yang sulit dan mahalnya rata-rata berbagai kebutuhan pokok bagi masyarakat saat menjelang Idul Fitri, Pemerintah Kecamatan Kelapanunggal akan menggelar bazaar sembilan bahan pokok (Sembako) murah.

Hal itu, dikatakan Camat Klapanunggal, Ade Yana kepada Wartawan usai menghadiri rapat koordinasi di Pemkab Bogor, Jumat (16/6). Menurutnya, bahwa pihaknya akan membantu masyarakat Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, yang ingin membeli sembako murah. Bahkan, masyarakat bisa mengunjungi secara langsung di stand bazaar sembako murah di halaman Kantor Kecamatan Klapanunggal yang rencananya akan digelar Selasa 20 Juni 2017 pukul 09.00 WIB – selesai.

"Dalam pasar murah ini, kami (Panitia) akan menjual sembako murah dengan menggunakan sistem paket. Di mana satu paket sembako berisi gula pasir, beras, minyak goreng dan terigu," jelasnya.

Ia memaparkan, bahwa dalam bazar tersebut, pihaknya telah menyediakan empat menu sembako dengan harga yang sangat murah. Dari ke empat item jenis sembako tersebut dimasukkan kedalam 1 paket dibeli dengan harga grosiran Rp75.000. Dan dengan kesepakatan bersama dijual ke masyarakat dengan harga Rp50.000 perpaket. 

"Kemudian, hasil dari penjualan Rp50.000 tersebut di akhir kegiatan akan diberikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan. Jadi kegiatan bazaar ini adalah murni untuk membantu masyarakat dari hasil swadaya Muspika Klpanunggal," paparnya.

Target pencapaian bazaar tersebut, lanjut Camat, pihaknha akan mengumpulkan sebanyak 535 paket untuk warga di tiga desa. Adapun mekanisme pendistribusian sembako murah ini dengan menggunakan kupon, di mana data masyarakat yang berhak menerima didapat dari perangkat desa dan diawasi oleh pihak desa dan RT dan RW setempat.

Disamping itu, tujuan bazaar sembako murah yang dilakukan muspika, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan pelaku usaha ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535 dengan sasaran untuk membantu masyarakat menengah ke bawah agar saling merasakan, momen bulan Ramadan untuk saling peduli pada sesama, serta mewujudkan kebersamaan antar instansi dan kerjasama dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Makanya paket sembakonya sejumlah 535, yang diwarnai dari Hari Jadi Bogor. Selain itu, untuk melawan mafia sembako yang kerap menaikkan harga pada moment-moment tertentu, ketiga agar masyarakat Klapanunggal mempunyai dampak manfaat dari hadirnya aparat pemerintah yang bekerjasama dengan pelaku usaha, serta keempat memfasilitasi masyarakat apabila masyarakat ingin melakukan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan," imbuhnya.

Ade Yana menambahkan, bahwa bazar murah nanti juga akan dimeriahkan dengan pameran produk UMKM dari desa yang ada di wilayah Kecamatan Kelapanunggal dan dibuka untuk setiap wilayah. Bahkan juga dimeriahkan dengan lomba islami seperti, tahfidz, adzan, hafalan pancasila tingkat pelajar. (IB)

Foto: ilustrasi