Breaking News

Drainase Tersumbat, Sejumlah Toko Dan Rumah Warga DibLeuwi Liang Terendam Banjir

LEUWI LIANG - Hujan deras dengan intensitas sedang yang mengguyur kawasan Leuwiliang pada Minggu (4/6/17), sekitar pukul 17.00 WIB, mengakibatkan sejumlah pertokoan dan rumah warga yang berada di Jalan Pasar Leuwiliang, tepatnya di Kampung Pamager RT 01/12 Desa Leuwi Mekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor terendam banjir.

Kepala bidang kedaruratan dan logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Tb. Sumardi, S.Sos,M.Si menjelaskan, selain hujan deras, adanya penyempitan dan penyumbatan saluran drainase dibawah pertokoan menjadi penyebab banjir tersebut.

"Dikarenakan hujan dengan intensitas sedang dan adanya penyempitan saluran irigasi di bawah pertokoan  yang mengakibatkan saluran air tersumbat, sehingga air meluap ke pertokoan di depannya," jelasnya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ada tujuh Rumah toko (Ruko) yang terdiri dari toko pakaian, Apotik, toko aquarium  dan lainnya yang terdampak.

"Selain pertokoan, dua rumah tinggal warga yakni, Asep Murpi dan Iwan juga ikut terendam," tutur Kabid Ratik.

Untuk membantu evakuasi dan assesment, BPBD menurunkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi dan berkoordinasi dengan aparat Setempat dan unsur yang terlibat diantaranya, Damkar dari Posdam leuwiliang, Pegawai Kecamatan leuwiliang, Relawan MDMC Muhammadiyah serta masyarakat setempat. (IB)

*foto : Petugas TRC sedang melakukan penyedotan air di dalam salah satu pertokoan yang terendam