Breaking News

Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Media Literasi

KAB.BOGOR - Lembaga pendidikan milik Dompet Dhuafa (DD) terus melakukan berbagai inovasi edukasi ke berbagai lapisan masyarakat. Salah satu kegiatan yang sudah rutin dilakukan adalah rekrutmen duta gemari baca, yang bertujuan meningkatkan kemauan masyarakat untuk membaca. 

Selain mengadakan seminar, diskusi publik alam program peningkatan kapasitas, sambung Eko, puluhan peserta duta gemari baca juga diberikan berbagai training atau pelatihan terkait pengembangan dan inovasi serta implementasi untuk peningkatan media literasi, Kamis (15/06).

Eko Sriyanto (35) Salah satu Head of Pengembangan Sumber Belajar dan Jaringan Literasi (PSBJL) Dompet Dhuafa mengatakan, tahun-tahun sebelumnya pihaknya melaksanakan program ini dengan target para siswa sekolah dasar dan menengah. 

"Tapi untuk tahun ini, pola rekrutmen kami rubah dengan target para remaja dan pemuda. Kebetulan saat ini kebanyakan duta gemar baca lebih banyak dari mahasiswa dan mahasiswa beberapa perguruan tinggi dari wilayah Jabodetabek," jelasnya kepada sejumlah awak media saat menggelar diskusi publik tentang peningkatan media literasi di Ruamg Balairung, Hotel Pendopo 45, Kemang, Kamis (15/6).

Menurutnya, untuk  mengajak dan melakukan peningkatan minat baca kepada masyarakat, diperlukan akses serta kemampuan yang terukur. Hal tersebut mendasari pendidikan untuk melalukan rekrutmen duta gemari baca

"Karena dari berbagai hasil survey akademis yang ada, tingkat minat baca atau literasi Indonesia masih rendah. Hal ini yang mendorong kami membuat terobosan dan inovasi untuk peningkatan kapasitas duta dan media literasi tersebut," pungkasnya.