Breaking News

Puluhan Warga Sumringah Dapat Dana Bantuan Tidak Terduga

CIBINONG - Kegembiraan terpancar di wajah puluhan warga korban bencana saat menerima dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) dari pemerintah Kabupaten Bogor yang disakurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memperbaiki rumah mereka.

Penyerahan dana bantuan secara langsung oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid Ratik), kepada warga penerima di Kantor BPBD Kabupaten Bogor, Jalan Raya Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kamis (4/5/17). Kebahagiaan tak bisa disembunyikan dari wajah-wajah mereka saat menerima jutaan uang yang akan digunakan untuk menyalurkan bantuan.

"Ini ada bantuan dari pemerintah, semoga bisa membantu meringankan beban untuk memperbaiki rumahnya. Jangan digunakan untuk yang lain," kata Kabid Ratik BPBD Kabupaten Bogor, Sumardi, S.Sos, M.Si saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga Kampung Pondok Gede, Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung.

Sebelumya, pada 25 April 2017, Kabupaten Bogor melalui BPBD telah mengucurkan dana bantuan tidak terduga untuk 184 kepala keluarga korban bencana dari 23 kecamatan yang terjadi pada Nopember 2016.

"Hari ini ada 38 kepala keluarga dari beberapa kecamatan yang belum mencairkan dana bantuan pada pembagian BTT yang sudah dilaksanakam pada 25 April lalu," ungkap Sumardi.

Pada kesempatan itu, Maswani, salah seorang penerima bantuan yang berasal dari Kampung Pondok Gede RT03/04 Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung mengucapkan rasa terimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor.

Ia mengaku, dengan adanya bantuan tersebut sedikitnya bisa membantu meringankan biaya untuk perbaikan rumahnya yang rusak diterjang angin puting beliung.

"Saya sangat berterima kasih kepada pihak BPBD dan Pemkab Bogor. Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini, sedikitnya bisa menambah biaya untuk perbaikan rumah," ungkapnya, usai menerima dana bantuan didampingi Isyak Safi'i Kaur kesra desa Sukamanah.

Menurutnya, untuk proses pengambilan dana bantuan tersebut sangat mudah dan cepat yang langsung diberikan kepada penerima dengan membawa identitas sesuai dengan data tercantum didalam Kartu Keluarga dan data yang ada di BPBD .

"Prosesnya cepet, tinghal bawa KTP sama Kartu keluarga dan dua materai. Uangnya langsung diterima dan ada potongan sama sekali," ujarnya.

Sementara itu, Kaur kesra desa Sukamanah Isyak Syafi'i menjelaskan, sebanyak 5 orang warga diwilayahnya yang terkena bencana diantaranya di Kampung Pondok Gede sebanyak 4 Kepala keluarga dan satu kepala keluarga di Kampung Cijeruk.

Saya mewakili Pemerintah dan warga desa Sukamanah, khususnya warga yang terkena musibah mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bogor. "Dana bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga yang menerimanya, dan semoga dimanfaatkan sebagaimana mestinya," ujar Isyak Safi'i. (IB)