Breaking News

PSDA Ciliwung dan DLH Ajak Masyarakat Menjaga Saluran Irigasi

KAB.BOGOR - Selain mengalami pendangkalan, keberadaan sampah yang memenuhi saluran irigasi Cidepit wilayah Rancabungur memjadi penghambat aliran air untuk mengairi sawah para petani diwilayah Kecamatan Ranca Bungur dan sekitarnya. Disamping itu, jika turun hujan, juga menyebabkan banjir.

Untuk menjaga agar kebutuhan air bagi masyarakat petani terus terpenuhi, pihak PSDA Ciliwung -Cisadane meminta kepada seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan agar tidak ada warga yang membuang sampah ke saluran air tersebut.

Hal ini disampaikan oleh koordinator dari Sub Unit Pelayanan dari Balai PSDA Ciliwung-Cisadane, Yulianti Juhenda saat dijumpai dilokasi irigasi Desa Pasir Gaok, Kecamatan Ranca Bungur, Kabupaten Bogor, Rabu (17/05).

Menurut Yulianti, sebenarnya keberadaan irigasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan petani pengguna air diwilayah ini, namun setelah ditelusuri penyebab terhambatnya aliran air ke sawah petani ternyata adanya penumpukan sampah di beberapa titik saluran irigasi.

"Sebenarnya tugas kami adalah mengatur pengendalian air, yaitu membuka tutup saluran irigasi sesuai kebutuhan petani yang ada bukan untuk mengangkut sampah. Namun melihat tersendatnya aliran air karena adanya penumpukan sampah maka menjadi persoalan baru, maka kami mengajak Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) wilayah sini untuk sama-sama mengangkat sampah," tuturnya.

Lanjut ia mengatakan, setelah dilakukan pengangkatan, sampah-sampah tersebut menggunung dipinggir jalan yang dikhawatirkan akan masuk kembali ke saluran air. 

"Maka kami bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor untuk mengirimkan armadanya untuk mengangkut sampah yang sudah diangkat untuk di angkut ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Galunga," jelasnya.

Dikatakannya, pengangkatan sampah tersebut dilakukan sejak tanggal 12 Mei. "Namun baru di angkut saat ini dengan menggunakan armada dari UPT Kebersihan wilayah sini," katanya.

Dalam kesempatan itu, pihak PSDA Ciliwung-Cisadane juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar sama-sama menjaga saluran air untuk tidak membuang sampah di saluran irigasi.

"Saya berharap kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar saluran irigasi Cidepit baik dari daerah hulu yaitu Kelurahan Panaragan, Kebon Kelapa serta Kelurahan Semplak, Kota Bogor maupun diwilayah hilit mulai dari wilayah Ranca Bungur, agar sama-sama menjaga saluran air untuk tidak membuang sampah sembarangan karena ini pula merupakan untuk kepentingan kita bersama," imbaunya. 

Reporter: Sumburi
Editor     : Ibra