» » » » » Batik Ciwitan Jadi Ciri Khas Kecamatan Ciampea

CIAMPEA - Menelisik kegiatan pembuatan Batik Ciwitan asal Ciampea, Kabupaten Bogor, batik yang biasanya dibuat dengan cara mengukir atau tulis. Namun proses pembuatan batik Ciwitan ini sangat sederhana dan tidak rumit, hanya menggunakan karet, bahan kain, dan pewarna naptol bentuk lukisan batik pun langsung terlihat hasilnya.

"Sangat sederhan, cukup menggunakan karet, benang yang di ikat pada kain, lalu dicelupkan ke pewarna yang diinginkan beberapa menit pun langsung terlihat hasilnya," kata Ketua Sanggar Batik Lawon Geulis,  Eka Jhayati, kepada Wira Desa, Jumat, (19/05/17).

Eka menambahkan, kedepan dirinya akan membentuk kelompok kerja ibu rumah tangga di tiap desa untuk membuat batik Ciwitan, agar di Ciampea sendiri memiliki Ciri khas sendiri yaitu batik Ciwitan.

"Insha Allah dan yakin dengan batik Ciwitan ini akan memberdayakan warga masyarakat, khusunya ibu rumah tangga, dan akan dikenal serta laku di pasaran," katanya.

Sementara itu Ketua KNPI Kecamatan Ciampea, Abdul Ajid salah satu pelopor untuk menjadikan batik Ciwitan di kenal di luaran, pihaknya akan membentuk koperasi di tiap desa.

"Nanti bilamana para pengrajin batik ciwitan ini perlu modal dan pemasaran akan mudah," kata Abdul Adjid.

Camat Ciampea, Iwan Setiawan mengapresiasi adanya pembuatan batik ciwitan sanggar lawon geulis.

"Saya sangat mendukung, dan akan membatu dalam pemasaran. Karena itu menjadi Ciri Khas Kecamatan Ciampea yang akan di kenal di luaran sana," tutupnya. (Ozos)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply