Breaking News

Tingkatkan Kapasitas, Anggota TRC Terus Digembleng

BOGOR || 87OnlineNews - Sebagai petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertugas dalam Penanggulangan Bencana Daerah diwajibkan memiliki kemampuan berupa pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku yang tanggap darurat dalam melaksanakan tugasnya. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor terus memberikan pelatihan pembekalan kepada anggota TRC.

Kabid Ratik BPBD Kabupaten Bogor, Sumardi, S.Sos,M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan bagi anggota TRC dengan meningkatkan kualitas layanan tanggap darurat sesuai dengan kebutuhan manajemen tanggap darurat dan jaminan keselamatan dengan keterampilan individu agar nantinya anggota TRC mampu melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika yang berkaitan dengan kebencanaan yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.

"Hal ini penting dilaksanakan agar seluruh petugas TRC yang kita miliki ini, mempunyai kemampuan dalam segala hal terutama dalam bidang penanganan disaat bencana. Seperti contoh saat terjadi bencana petugas yang ada selain siap dengan mental akan situasi yang terjadi saat itu juga dapat melakukan tindakan penanganan darurat,"tuturnya, usai memimpin kegiatan, Senin (17/4/17).

Dengan pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan para petugas TRC dapat memiliki pola pikir yang baru sebagai petugas yang penuh pengabdian dan sebagai relawan bencana, bukan lagi sebagai pegawai biasa dan mampu meningkatkan komitmen serta integritas moral, tanggung jawab profesi, disiplin dan etos kerja, prinsip-prinsip budaya organisasi pemerintahan, manajemen perkantoran, dan bekerjasama dalam kelompok dan melaksanakan komunikasi yang saling menghargai.

"Karena pola pikir tersebut sangat penting dalam pelaksanaan tuga-stugas pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Pantauan dilokasi, pelatihan yang diberikan kepada 60 anggota TRC tersebut mulai dari kedisiplinan, ketangkasan ketangguhan dan kesiap siagaan hingga bimbingan mental dan kerohanian. Untuk pelatihan fisik dan bimbingan mental, selain dari internal, BPBD juga melibatkan instruktur dari unsur TNI serta pelatih bela diri dari divisi produksi dewan kesenian Kabupaten Bogor. (IB)