UPDATE

header ads

Ribuan Crosser Se-Jawa Barat Meriahkan Hut Kopassus Ke 65

KEMANG - Ribuan penggemar motor trail se-Jawa Barat uji adrenalin dengan penuh tantangan menelusuri kawasan perkebunan sawit di Kecamatan Kemang, pada acara Komando Trail Adventur (KOTRA 2) yang diselenggarakan Komando Pasukan Khusus (Kopasus), dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kopassus yang ke 65. Batalyon 14 grup 1 Kopassus yang bertemakan "Into the war zone", dimana para crosser harus menempuh jalur sejauh kurang lebih 48 km di kawasan sawit yang seluas 180 hektar.

Menelusuri perkebunan sawit yang berbukit dan licin, tanjakan berlumpur yang curam, hingga memasuki rawa dan sungai, menjadi tantangan tersendiri para crosser yang turun di jalur KOTRA 2. Belum lagi hujan yang sempat mengguyur lokasi petualangan serta suasana perang yang disiapkan panitia dengan meluncurkan suara ledakan bom dan tembakan senjata, menambah keseruan para crosser yang menjajal lokasi latihan pasukan elit khusus tersebut.

"Seru, dan baru kali ini ada trek seperti ini, tidak ada peserta yang tidak terjatuh, itu menambah keseruan. Ini track baru, kita belum tau apa yang ada di depan lintasan, yang penting gas terus," ungkap Wahyudin (45) salah seorang crosser asal Cianjur, saat ditemui wartawan di garis finish.

Menurutnya, hal ini merupakan petualangan terseru dari yang pernah dia lakukan. Dengan track rawa, dan tanjakan berhadiah menjadi lokasi tersulit yang ditempuh para crosser. Namun, dirinya mengaku mampu menaklukan rintangan yang ada di lokasi latihan perang Kopassus.

"Yang penting yakin, dan percaya diri, semua kerjasama. Dari panitia selalu stanby membantu crosser yang terjatuh, kalau bisa ini trek di buka saja secara umum. Biar bisa menjadi obyek wisata baru bagi para crosser," tambanya.

Masih kata Wahyu, ledakan bom, dan kontak senjata yang dilakukan pasukan Kopassus menjadi salah satu pemecah konsentrasi crosser untuk melintas. "Suara ledakan bom dan senjata menjadi pemecah konsentrasi, kadang kaget kalo dengar, dan makin memacu untuk ngegas lebih kenceng," ujarnya.

Sementara itu Komandan Batalyon 14 grup 1 Kopassus, Mayor Inf Budiman, mengatakan melihat antusias peserta, dirinya akan melanjutkan event KOTRA di tahun-tahun berikutnya.

"Selamat ulang tahun Kopassus yang ke 65, semoga sukses selalu. Dan kedepan kami juga akan membuat event serupa setiap tahunnya dengan tantangan yang lebih berat ," imbuhnya.

Terkait trek yang menjadi tantangan Menurutnya, jalur tersebut memang diciptakan untuk petualang sejati.

"Sesuai dengan tema Into the war zone, crosser di suguhkan pada suasana perang, dan ini akan menjadi agenda tahunan untuk kami," ujarnya.

Pada kesempatan itu, turut serta Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhendi. Ia mengaku ketagihan dengan jalur yang disiapkan oleh panitia.

"Seru dan memuaskan, apalagi saat menemukan jalur yang sulit dilintasi, liat Pa Sekda jatuh, Pak Danrem, dan termasuk saya jatuh, menambah keseruan adventure hari ini," kata pria yang akrab disapa Jaro Ade.

Menurutnya jalur tersebut merupakan jalur khusus petualang, tidak sedikit crosser yang jatuh dan mengalami masalah pada mesin hingga berputar balik ke pos melalui jalur evakuasi.

Sementara itu, di akhir petualangan, para crosser dihibur dengan berbagai hiburan seperti suguhan musik, lady motor wash, dan pembagian hadiah menarik bagi para crosser. Pada event ini, panitia telah menyiapkan dua unit mobil, untuk para pemenang. (MD)

Posting Komentar