Iklan Baner

Update

Peristiwa

Nasional

Pemerintahan

Pendidikan

Kesehatan

Publikasi

Lifestyle

» » » » » DLH Kabupaten Bogor Gencar Lakukan Sosialisasi Bank Sampah

CIBINONG - Dalam rangka mengedukasi masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Bogor terhadap pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor terus melakukan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Setelah melakukan sosialisasi beberapa wilayah desa di Kabupaten Bogor, kali ini DLH yang diwakili oleh Kepala bidang pengelolaan sampah, Atis Tardiana melakukan sosialisasi pengolahan sampah melalui pembentukan Bank Sampah di lingkungan RW 06 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupateb Bogor, Selasa (18/04).

Hadir dalam kegiatan yersebut diantaranya, Kabid Pengolahan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana, Lurah Pabuaran, Bambang R, serta narasumber Yuliana Rini dan seluruh masyarakat RW 06 khususnya yang berada sekitar Fly Over Cibinong.

Dalam kesempatan itu, Atis Tardiana memaparkan tentang pengelolaan sampah yang dihasilkan dari masyarakat yang kian lama kian tak teratasi seiring meningkatnya jumlah penduduk terutama wilayah perkotaan. 

"Masyarakat saat ini perlu diberikan edukasi bagaimana agar sampah yang dihasilkan dapat di olah sendiri, sehingga tidak mengandalkan pemerintah untuk mengangkut sampah. Salah satu caranya adalah membentuk kelompok pengelolaan melalui Bank Sampah yang dibentuk di setiap RT atau RW diwilayah masing-masing," kata Atis Tardiana, Selasa (18/4/17).

Menurutnya, Bank Sampah ini bertujuan untuk mengajarkan bagaimana masyarakat memilah sampah mulai dari rumah agar mudah di olah melalui Bank Sampah. "Pemilihan ini sudah harus di mulai dari rumah, yaitu memisahkan antara sampah kering dan sampah basah, sampah organik dan non organik serta yang masih bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi yang akan di tampung oleh bank sampah. Dengan konsep seperti ini, lanjutnya, maka sampah akan dapat di olah dan memiliki nilai ekonomi," urainya.

Atis Tardiana menambahkan dalam waktu dekat, DLH akan bersinergi dengan Management Lorin Sentul Hotel dalam rangka pengelolaan sampah hotel dan juga sampah dari masyarakat di sekitar hotel tersebut.

"Dalam hal ini, kami menyambut baik keinginan pihak Management Lorin Sentul Hotel yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dalam hal pengelolaan sampah dan mengedukasi masyarakat sekitar," ungkapnya, usai membahas rencana kegiatan sosialisasi di Lorin Sentul Hotel.

Diakuinya, saat ini baru Lorin Sentul Hotel selaku pengusaha perhotelan yang memiliki keinginan untuk melakukan pengelolaan sampah sendiri. "Semoga hal inibdapat diikuti hotel-hotel lain di Kabupaten Bogor, karena memang kedepan pengusaha Hotel maupun kawasan perumahan di Kabupaten Bogor akan diarahkan agar dapat mengelola sampah sendiri," pungkasnya. (SUM/IB)

About 87 Online News

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply