Breaking News

ASN Pemkab Bogor Dibekali Cara Penggunaan Aplikasi SPSE Versi 4.1.2

CIBINONG - Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan penyedia barang dan jasa di Kabupaten Bogor serta mempermudah dan meningkatkan jangkauan pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan (barang dan jasa) Secara Elektronik (SPSE) versi 4.1.2, Selasa (04/4/2017).

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Wawan Munawar menuturkan, LPSE Kabupaten Bogor saat ini telah memenuhi 17 Standar Pelayanan yang ditetapkan oleh LKPP.  Di samping itu juga LPSE Kabupaten Bogor telah mendapatkan ISO 9001:2009 sejak Tahun 2014.

"Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, kini telah menginstal SPSE versi 4.1.2, dimana Versi ini memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya, diantaranya adalah SPSE Versi 4.1.2 dapat berintegrasi dengan sistem informasi-sistem informasi yang ada di daerah maupun sistem informasi yang dibangun LKPP," tuturnya.

Menurutnya, Bimtek tersebut dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan para pengelola penyedia barang dan jasa di Kabupaten Bogor, dalam menggunakan aplikasi SPSE Versi 4.1.2. Sehingga memperlancar proses pengadaan barang dan Jasa di Kabupaten Bogor.

Wawan menambahkan, fungsi layanan pengadaan secara eletronik salah satunya adalah memberikan bimbingan teknis bagi pengguna LPSE. Untuk itu penguasaan dan keterampilan aplikasi proses e-tendering terbaru versi 4.1.2 perlu dikuasai oleh setiap pengelola penyedia barang dan jasa di Kabupaten Bogor.

"Target kami melalui Sosialisasi dan Bimbingan teknis ini, dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola penyedia barang dan jasa di Kabupaten Bogor. Sehingga tidak ada lagi hambatan proses pengadaan barang atau jasa tidak terhambat karena  permasalahan tidak dapat menggunakan aplikasi," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Layanan Komunikasi dan Informasi Diskominfo Kabupaten Bogor, Betty Sugiarti mengatakan, kemajuan Iptek menyebabkan perubahan dalam tatanan kehidupan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kontek e-Goverment akan mempermudah dan meningkatkan jangkauan pelayanan bagi masyarakat.

"Untuk itu Pemerintah dituntut lebih transparan dalam perencanaan dan pelaksanaan roda Pemerintahan, termasuk dalam proses pengadaan barang dan Jasa," ungkapnya.

Menurutnya, Sosialisasi metode e-Purchasing dan peningkatan SPSE Versi terbaru ini, tentu saja memudahkan proses integrasi data belanja barang atau jasa Pemerintah. 

"Dengan adanya integrasi data berarti proses pengadaan, pengawasan dan evaluasi belanja barang atau jasa Pemerintah dapat dengan mudah dilakukan," pungkasnya.(IB)