Breaking News

Warga Desa Rabak Bangun Sekolah Kelas Jauh Secara Swadaya

RUMPIN - Kecamatan Rumpin yang dikenal sebagai wilayah Kabupaten Bogor yang kaya akan hasil bumi dari sektor pertambangan, namun hal itu kurang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat, salah satunya di sektor pendidikan.

Mengingat sarana pentingnya sarana pendidikan bagi masyarakat setwmpat, warga Kampung Haniwung, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor membangun Sekolah Dasar Kelas Jauh secara swadaya diatas lahan sekitar 400 meter persegi diwilayah RT 03/04, yang dibeli dari sumbangan Komunitas Anak Bangsa Loba Mere.

Upaya ini dilakukan, karena jarak dari tempat tinggal warga ke sekolah dasar terdekat sangat jauh. "Jarak lebih dari 10 kilometer, harus melewati jalan terjal dan perbukitan," kata Dedy (40) Ketua RT setempat saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/3/17).

Menurutnya, pembangunan gedung sekolah tersebut tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi atau Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Semuanya hasil swadaya. Mulanya ada komunitas yang menyumbang, saya berencana membangun dua ruangan yang luas nya 12 X 7 meter. Saya cuman di kirim bahan materialnya dan dia cuman bisa bayar tukang saja, sementara untuk kenek bangunan saya yang jamin soal konsumsi dan upahnya," tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan, hal ini mengingatkan kembali pada sejarah Indonesia sebelum kemerdekaan. "Hal ini ternyata masih ada dizaman sekarang, bahkan terjadi di daerah yang kaya akan sumber pendapatan hasil alam di sektor pertambangan," ujarnya.

Dia juga mengatakan, anak-anak diwilayah yersebut yang sekolah ke SDN Rabak 01 harus menempuh jarak kurang lebih 10 KM. "Kasihan sekali anak-anak kami disini harus tabah dan rela menempuh jalan yang panjang berjalan kaki demi masa depan mereka. Kalau bukan kita yang ambil peduli dalam hal ini siapa lagi," tandasnya. (Ozos)