Breaking News

Puluhan Peserta Festval Mural dan Grafiti Hiasi Dinding Di Ecovillage Baraya

 

BOGOR - Dulu ada stigma tentang "corat-coret" dinding atau disebut mural dan graffiti. Namun kini seiring bertumbuhnya daya kreatifitas, melukis dinding diberi wadah oleh sejumlah pihak. Salah satunya Ecovillage Baraya Lingkungan Desa Bendungan, komunitas yang bergerak dalam lingkungan hidup itu memberikan fasilitas bagi para pemuda dari Jabodetabek untuk menuangkan bakat dan kreatifitasnya dibidang seni lukis melalui Festival Mural dan Grafiti.

Puluhan kelompok peserta dari mengikuti kegiatan Lomba Mural dan Grafiti yang diselenggaraka oleh Ecovillage Baraya Lingkungan di Kampung Seuseupan RW 08, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (19/3/17).

Abdul Kholik selaku motivator Ecovillage Baraya Lingkungan Desa Bendungan menuturkan, kegitan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari jadi Ecovillage Baraya yang pertama dengan menggandeng para pemuda diwilayah Kampung Seuseupan khususnya di RW 08, sekaligus untuk menghiasi dinding di Pintu masuk kawasan Ecovillage Baraya diwilayah tersebut.

"Atas pertimbangan itu kami berinisiatif untuk menggelar lomba melukis dinding, dengan harapan bisa menyalurkan bakat dan kreatifitas para pemuda sekaligus untuk menghias dinding yang ada di kawasan Ecovillage Baraya. Dalam kegiatan ini diikuti peserta dari Jabodetabek," tutur Kholik.

Selain lomba Mural dan Grafiti, pihaknya juga melakukan pembuatan lubang biopori diwilayah setempat yang diikuti oleh Camat Ciawi, Kepala Desa Bendungan serta melakukan sosialisasi POS PANDAI (Pusat Olah Sampah Pilih Ambil Nabung Daur Ulang Agar Indah Lingkungan Kita) oleh Rumah Kreatif Nusantara Rangga Mekar, dari Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dalam kesempatan itu, Camat Ciawi Bambang Setiawan mengungkapkan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, berkat semangat para kader Ecovillage Baraya bisa menumbuhkan dan menginspirasi masyarakat di desa lain yang berada di Kecamatan Ciawi.

"Hal itu terbukti telah di bentuknya beberapa Ecovillage di desa lain yang ada di Kecamatan Ciawi. Kegiatan ini sangat positif sekali, kami sangat memberikan suport baik secara moril maupun materil untuk kegiatan seperti ini," ungkapnya.

Dia berharap semoga seluruh desa yang berada diwilayah kecamatan yang dipimpinnya dapat mengikuti kegiatan ini. "Semoga kedepannya, kegiatan ini bisa di contoh dan diikuti oleh semua desa yang berada di Kecamatan Ciawi," tutupnya. (IB)