UPDATE

header ads

Puluhan Kader PKK Desa Bojonggede Dibekali Ilmu Tentang Pengelolaan Sampah

BOJONGGEDE - Sebagai rangkaian program DLH Kabupaten Bogor untuk meraih Piala Adipura Tahun 2018 mendatang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor gencar melakukan sosialisasi Bank Sampah ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor, salah satunya, di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Kamis (30/03/17).

Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana didampingi Kepala Seksi Pengurangan Sampah, Aan Sahar dihadiri puluhan Kader Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bojonggede.

"Selain target untuk meraih piala Adipura Tahun 2018 mendatang, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program Bupati mencanangkan Kabupaten Bogor bersih sampah 2020 sebagai bentuk konkret mendukung program nasional bergerak untuk Indonesia bebas sampah 2020," ungkap Atis Tardiana.

Dalam kegiatan sosialisasi bank sampah di Desa Bojonggede, peserta diberikan edukasi mulai dari manajemen pengelolaan bank sampah, cara pemilahan sampah, proses daur ulang sampah basah dan sampah kering serta pengenalan Konsep Pusat Olah Sampah Pilah Angkut Nabung Daur Ulang Agar Indah (POS PANDAI).

Atis berharap, dengan adanya kegiatan ini mampu menambah wawasan peserta dalam proses pengelolaan sampah. Sehingga bisa menyelesaikan masalah sampah mulai dari tingkat rumah tangga, dan para peserta bisa berperan aktif untuk ikut mengkampanye-kan pemilahan sampah.

"Kegiatan sosialisasi ini diharapkan adanya perubahan persepsi masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Seperti yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008, disebutkan bahwa sampah menjadi tanggung jawab secara bersama antara masyarakat, pemerintah, dan swasta. Melalui kegiatan ini juga kami ingin mengubah persepsi dan kebiasaan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Sosialisasi ini akan terus digeber," papar Atis.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bojonggede, Sri Wahyuni mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi PKK, khususnya Pokja 3  desa Bojonggede dan diharapkan bisa berkembang ke RW-RW lainnya.

"Untuk PKK sendiri nanti akan membentuk Bank sampah di setiap RW, Insya Allah dengan dasar pelatiahn tadi memudahkan kita untuk mengembangkan ke RW-RW dan nantinya akan bersatu dengan Bank Sampah desa untuk dikoordinir oleh Desa," ungkapnya, usai mengikuti kegiatan.

Selain dari DLH Kabupaten Bogor, Kegiatan sosialisasi tersebut juga dipandu oleh Kelompok Bank Sampah Kelurahan Rangga Mekar, Kota Bogor, untuk memberikan materi tentang management pengelolaan bank sampah kepada seluruh kader PKK yang hadir. (IB)

Posting Komentar