Breaking News

Proses Cetak Blangko KTP el Masuki Proses Finalisasi

BANDUNG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengungkapkan terkait dengan permasalahan kekosongan blanko KTP elektronik saat ini Kemendagri tengah melakukan proses finalisasi.

Dalam hal ini Kemendagri tengah menunggu pemenang tender akhir dari percetakan blangko KTP el tersebut. Bila proses tersebut selesai, maka masyarakat akan memiliki fisik KTP.

"Laporan dari dirjen hanya tinggal finalisasi tahap akhir saja. Yaitu menentukan pemenang tender," ujar Tjahjo saat ditanyai wartawan di Kampus IPDN Jatinangor, Senin (3/6).

Menurutnya, jika pemenang tender sudah ada maka kekosongan blangko KTP el secara bertahap akan dapat dipenuhi. Pasalnya, target Kemendagri memenuhi blangko e-KTP tersebut selesai pada tahun ini.

"Mudah-mudahan cepat selesai. Target kami tahun ini yang 5 persen dari 183 juta penduduk yang wajib punya KTP el akan bisa punya KTP el," ujar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, keterlambatan pengadaan blangko KTP el tersebut dikarenakan proses lelang yang prosedurnya sangat ketat. Sejak Desember 2016 tidak ada satu pun yang memenuhi syarat

Dijelaskannya, blanko e-KTP itu ditargetkan segera selesai karena untuk keperluan pilkada serentak tahun depan. Meski begitu, jika ternyata target tidak terealisasi, mereka yang belum memiliki e-KTP tetap akan bisa menggunakan hak pilihnya.

"Untuk pilkada tahun depan, saya kira akan bisa tercapai. Kalau belum, pakai surat keterangan sementara yang sah agar hak politik warga negara untuk menggunakan hak pilihnya tercapai," jelas Tjahjo. (Taryat)