UPDATE

header ads

Peternakan Sapi Di Rumpin Cemari Sungai Citempuhan

RUMPIN - Warga Kampung Baru, desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor Jawa Barat, mengeluhkan bau tak sedap yang diduga berasal dari limbah peternakan sapi milik PT. Karya Anugerah Rumpin (KAR) yang dibuang ke aliran sungai Citempuhan.

Muhtarudin (40) salah seorang warga Kp Baru RT 09/01 Desa Rabak mengatakan, sejak keberadaan peternakan yang berada di perbatasan antara Desa Cibodas dan Desa Rabak, tepatnya di Kp Baru Rt 08/01 itu, sungai Citempuhan kian hari kian keruh sehingga sungai tersebut tidak dapat dipergunakan lagi oleh warga untuk mencuci pakaian dan mandi.

"Limbah itu mengeluarkan bau tidak sedap dan mencemari air sungai. Kalau dulu, selain mandi dan mencuci pakaian warga sekitar sini ngambil air dari sungai itu, sekarang saya juga tidak berani mandi disitu karna kotor dan keruh yang diduga akibat dari limbah peternak tersebut," tuturnya kepada wartawan, Rabu (22/3/17).

Menurut dia, kejadian ini sudah berlangsung cukup lama. Warga meminta kepada pihak terkait dan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera menangani permasalahan tersebut.

"Kami berharap kepada Dinas terkait untuk menindak tegas pengusaha yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan. Apalagi seenaknya saja membuang limbah bau ke aliran sungai," pintanya.(MD)

Foto: Peternakan Sapi milik PT. PT. Karya Anugerah Rumpin 

Posting Komentar