» » » » » Pembangunan Infrastruktur Bukan Prioritas Musrenbang Kabupaten Bogor 2018

CIBINONG - Pemerintah Kabupaten Bogor membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018. Musrenbang tersebut digelar selama dua hari yakni, Rabu 1 Maret dan Kamis 2 Maret 2017, bertempat di Gedung Tegar Beriman, Cibinong.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengungkapkan, seluruh usulan dari kecamatan dan desa akan ditampung. Namun, setiap usulan akan disesuaikan dengan tema pembangunan 2018 yaitu 'Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik'.

"Setiap usulan akan kita tampung dulu, setelah itu dilihat mana yang sesuai dengan tema. Kalau pun ada usulan yang bersumber dari non-APBD, akan ditampung asalkan memiliki alasan yang kuat," jelasnya.

Senada di ungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah. Menurutnya, untuk 2018 mendatang pembangunan lebih condong pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau mulai beralih dari infrastruktur.

"Kalau prioritas infrastruktur itu kan program prioritas tahun 2017. Nah, untuk tahun 2018 adalah tentang bagaimana membangun manusianya sembari Pemkab Bogor memantapkan pengelolaan pemerintahan," kata Syarifah.

Pada hari kedua Musrenbang RKPD, Syarifah bakal memaparkan sekaligus menyamakan usulan dengan tema yang diusung. Untuk nantinya mengetahui alasan kenapa usulan ditolak.

"Dalam meusrenbang hari pertama kami akan menampung setiap usulan dulu. Sekaligus sebagai bank data kami sebagai gambaran RPJMD berikutnya," jelasnya.

Dia mengatakan, dalam Musrenbang di hari kedua, dirinya akan jelaskan mengenai tema pembangunan 2018. "Agar usulan yang masuk dari kecamatan sesuai dengan perencanaan di SKPD," pungkasnya.

Sementara itu, menurut Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Wasto Sumarno, Musrenbang 2018 masih didominasi usulan soal infrastruktur.

"Nah makanya, di hari pertama ini, setiap unsur diminta untuk mengusulkan lagi karena pada Musrenbang Kecamatan dominan usulan infrastruktur," kata Wasto, usai kegiatan Musrenbang hari pertama.

Wasto menegaskan, infrastruktur tidak bisa ditinggalkan begitu saja. "Karena membangun manusia, tidak bisa lepas dari pembangunan infrastrukturnya," tegas Politisi PKS. (RP)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply