UPDATE

header ads

DLH Kabupaten Bogor Selenggarakan Sosialosasi Kampung Ramah Lingkungan

SENTUL - Bertempat di salah satu hotel di Kawasan Industri Sentul, Rabu (29/3/17).
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam menciptakan kampung ramah lingkungan di Kabupaten Bogor.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan pada DLH Kabupaten Bogor berserta staf dan perwakilan dari SKPD terkait di Pemkab Bogor, dan perwakilan dari Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan pada DLH Kabupaten Bogor, Endah Nurmayanti memaparkan, Maksud dan tujuan kegiatan ini diantaranya untuk mensosialisasikan program kampung ramah lingkungan kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

"Kampung ramah lingkungan merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup serta
mendorong peran serta masyarakat bersama-sama dengan pemerintah dalam upaya perlindungan dan pegelolaan lingkungan hidup guna terciptanya lingkungan yang asri bersih dan berbudaya, lingkungan yang melibatkan peran serta masyarakat," paparnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 120 orang peserta yang terdiri dari unsur Kecamatan, unsur Desa dan unsur Masyarakat dengan narasumber Direktur Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Pejabat Fungsional Perencanaan DLH Provinsi Jawa Barat, Perwakilan dari Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Materi yang diberikan kepada peserta diantaranya, tentang penigkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, implementasi program ecovillage di Kabupaten Bogor dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam membangun kampung ramah lingkungan di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Menurutnya, program kampung ramah lingkungan ini dimulai pada tahun 2014, hingga saat ini dengan lokasi sebanyak 47  kampung ramah lingkungan dari 15 kecamatan, dan sudah ditetapkan oleh SK Bupati Nomor : 660/230/KPTS/Per-UU/2016 TENTANG PERUBAHAN KETIGA ATAS LAMPIRAN KEPUTUSAN BUPATI NOMOR 660/333/Kpts/Per-UU/2014. (IB)

Posting Komentar