Breaking News

Belasan Rumah Di Parung Panjang Terendam Banjir, Puluhan Warga Mengungsi

PARUNG PANJANG - Belasan rumah warga di Jalan Beringin, RT 04/06, Kompleks Perumnas I, Parungpan­jang, Desa Cibunar, Kecamatan Parung­panjang, Kabupaten Bogor Jawa Barat, terendam banjir, puluhan arga diungsikan.

Deni, ketua RT setempat menuturkan, banjir setinggi 40 senti­meter atau sebatas lutut orang dewasa itu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Parung­panjang beberapa hari terakhir hingga menyebabkan meluapnya aliran kali Cibunar. "Kali Cibunar ini muara aliran sung­ai dari banyaknya kali kecil. Ditambah tumpahan air dari beberapa saluran air milik perumahan yang baru dibangun, sedangkan kali ini kondisinya sudah dangkal," jelasnya.

Menurutnya, meluapnya air Kali Cibunar yang menyebabkan banjir juga pernah terjadi tiga tahun lalu. Namun banjir kali ini cukup parah, sehingga mer­endam hampir 15 rumah warga. Akibat banjir tersebut, sekitar 50 keluarga terpaksa harus mengungsi karena khawatir terkena ban­jir susulan. Warga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor melalui dinas terkait untuk melakukan pengerukan. "Setiap hujan deras turun, warga khawatir bahaya banjir. Kami mo­hon pemerintah bisa segera mengeruk kali dan memperbaiki saluran air di wi­layah ini," pintanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibunar Endin Wahyudin mengatakan, banjir terjadi akibat curah hujan tinggi dan luapan air yang sangat deras dari Pe­rumahan Sentraland, Serpong Kencana dan Perumnas 2, Desa Lumpang dan Desa Growong air tumpah ke Kali Ci­bunar. Sedangkan pintu air yang ada sang­at kecil, kurangnya turap atau tebing kali, membuat air masuk ke jalan. "Ka­lau hujan, di sini selalu kebanjiran," pungkasnya. (MD)