Breaking News

Anggota Rapi Dan SSBH Dibekali Teknis Penanggulangan Bencana

CISARUA - Bertempat di Taman Wisata Matahari (TWM) Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), SSBH Kecamatan Cisarua dan Megamendung menggelar silaturahmi serta melaksanakan bimbingan teknis penanggulangan bencana gempa dan pergerakan tanah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Muspika Kecamatan Cisarua, Muspika Kecamatan Megamendung, Camat dan beberapa kepala desa yang ada di dua kecamatan tersebut juga staf dan TRC dari BPBD Kabupaten Bogor.

Kepala seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo menuturkan beberapa pelatihan yang diberokan diantaranya, simulasi penanggulangan bencana gempa dan tanah longsor, serta pemadam kebakaran oleh tim dari BPBD, diantaranya bidang kesehatan, evakuasi, logistik, dapur umum dan tim rescue.

"Ada 3 kegiatan yang dikemas dalam waktu dua hari, diikuti beberapa komponen masyarakat yang terlibat disini diantaranya dari SSBH, Siskomdes, Komsat, Linmas dan lainnya dari dua kecamatan yaitu, kecamatan Megamendung dan kecamatan Cisarua. Tujuannya adalah pengurangan resiko bencana," tuturnya.

Ia juga mengatakan, dalam memberikan informasi kejadian bencana, selain melalui nomor telepon, mereka unsur komponen tersebut bisa melakukan koordinasi melalui jalur frekwensi BPBD yang sudah ada.

"Ketika terjadi bencana, mereka bisa melaporkan kepada BPBD melalui jalur frekwensi menggunakan Handy Talki (HT). Dengan demikian, informasi juga cepat diterima dan tim TRC dari BPBD segera turun ke lokasi. Tentunya atas komando dari Kepala bidang kedaruratan dan logistik yaitu Bapak Sumardi," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau jika ada kejadian bencana, baik kepala desa atau masyarakat agar segera melaporkan kejadian tersebut. "Jadi jika ada kejadian bencana, segera melaporkan ke BPBD, dan BPBD selalu siaga 24 jam," tanbahnya.

Pada kesempatan itu, Dillah Kholiq selaku Ketua Penyelenggara menuturkan, selain untuk menjalin silaturahmi acara ini bertujuan untuk pembekalan dalam menangani penanggulangan bencana, karena saat musim hujan sering sekali terjadi bencana alam seperti longsor, banjir, gempa dan juga gerakan tanah.

"Tujuan acara ini adalah untuk peningkatan kapasitas tentang anggota kami yaitu satuan Babinkamtibmas dan Babinmas Kabupaten Bogor untuk dua Kecamatan Cisarua dan Megamendung, tapi di hadiri juga oleh Kecamatan Cijeruk dan Cigombong," tuturnya. (IB)