UPDATE

header ads

Puluhan Rumah Warga Rumpin Hancur Tertimpa Longsor

RUMPIN-Tingginya intensitas hujan dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan dua bukit di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor mengalami longsor. Rabu (22/2/17) sekitar pukul 04.00 WIB, dini hari. Dua bukit yang berdampingan itu yakni Bukit Ciaul dan Gogomba, tinggi longsoran, baik di Bukit Ciaul dan Gogoma sekitar 500 meter dengan lebaran 15-20 meter.


Asep Usman, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menuturkan, akibat longsor tersebut 5 unit di antaranya ambruk dan 15 unit rusak sedang. Sementara, lebih dari 100 rumah yang terdiri dari 154 kepala keluarga di Kampung Cilambur RT 03/04 dan Kampung Parung Singa RT 01/08 terancam longsoran. 


Untuk penanganan korban, seluruh warga yang terdampak sebagian besar diungsikan ke kantor desa, sedangkan sisanya tinggal bersama sanak saudaranya. Di area kantor desa kami sudah mendirikan dapur umum dan mengirim bantuan logistik serta air bersih satu truk tangki," kata Asep Usman, Rabu (22/02).


Kepala Desa Leuwibatu Iwan S Pamungkas mengatakan, bencana ini terjadi akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak dua pekan terakhir. Sebanyak 25 KK yang mengungsi akibat bencana tanah longsor dan pergerakan tanah di Kampung Cilambur. Hingga saat ini, pihaknya belum bisa menentukan sampai kapan ke 25 keluarga itu diungsikan di kantornya.


"Kondisi di lapangan sampai saat ini masih cukup berbahaya dan tak memungkinkan mereka kembali ke rumahnya masing-masing," kata Iwan menegaskan.

Reporter: Ozos/Ibra

Posting Komentar