» » » » » Kalak BPBD Diminta Jadi "Artis" Untuk Menjelaskan Penyebab Bencana

SLEMAN - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi meminta seluruh kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Indonesia untuk menjadi 'artis' guna menjelaskan penyebab dan penanganan bencana alam yang terjadi. Termasuk langkah-langkah yang ditempuh dalam penanganan pascabencana tersebut.

"Saya berharap para Kalak BPBD menjadi 'artis' bencana untuk menjelaskan penyebab hingga penanganan pascabencana kepada masyarakat luas. Dengan cara ini masyarakat merasa terlindungi," kata Dody disela Rakernas BNPB di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Rabu (22/02/2017).

Dody memamparkan, dalam bencana longsor, para Kalak BPBD ini bisa menjelaskan bencana tersebut tidak lagi dipicu oleh hujan deras. Melainkan memberikan pemahaman longsor terjadi karena urbanisasi, degradasi sungai sampai kesesatan tata ruang/bangunan. Bahkan, bersama Pemprop/Pemkab/Pemkot setempat bisa merelokasi masyarakat dengan memperhatikan aspek kekerabatan, struktus desa, struktur pemerintahan dan ketersediaan sumber daya alam terutama air.

"Relokasi memang tidak mudah, padahal ada 61 juta jiwa yang tinggal di darah rawan banjir dan 124 juta jiwa di wilayah rawan longsor. Diperlukan ide dan inovasi agar masyarakat bisa direlokasi atau mampu mengharmonisasikan bencana dalam kehidupan dengan tetap memperhatikan kearifan budaya setempat," paparnya.

Dody Ruswendi mengakui dana darurat bencana yang disiapkan hanya 1 persen dalam APBD. Namun, hal ini tidak menyurutkan langkah BNPB dan BPBD untuk terus melanjutkan tugas kemanusiaan. Sebaliknya, terus menyiapkan dana darurat, bantuan logistik sampai peralatan dalam menanggulangi setiap terjadi bencana. "BNPB juga telah melakukan MoU dengan 19 lembaga seperti perguruan tinggi, ormas, swasta demi terciptanya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana," tandasnya. (Adi P)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply