Jembatan Penghubung Terancam Roboh, Warga Harapkan Perbaikan -->

Adsense




Jembatan Penghubung Terancam Roboh, Warga Harapkan Perbaikan

87 Online News
Minggu, 05 Februari 2017

BOGOR - Jembatan penghubung di Kampung Cisarua, RT03/02, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor terancam roboh. Pasalnya, jembatan penghubung dua kampung yang membentang diatas sungai Cimanciri sepanjang 18 meter kondisinya begitu memprihatikan dengan hanya beralaskan bambu yang sudah mulai keropos, namun tetap dibiarkan begitu saja.

Padahal, jembatan tersebut menjadi satu-satunya yang bisa dilalui oleh masyarakat setempat untuk melakukan aktivitas ekonomi dan anak-anak sekolah setiap harinya.

Esih (26) salah seorang warga setempat mengatakan, jembatan itu sudah tak bisa dilewati kendaraan bermotor karena bambunya sudah banyak yang keropos dimakan usia."Karena di khawatirkan jembatan ini roboh, maka motor dilarang melintas. Jadi khusus orang saja," kata Esih kepada Wartawan, Minggu (5/2/17).

Menurutnya, sejak pertama dibangun hingga saat ini jembatan tersebut sudah sepuluh kali roboh terseret derasnya sungai Cimanciri. Setiap kali jembatan rusak, warga hanya memperbaikinya secara swadaya serta seadanya dengan bambu. Tapi, semua yang dilakukan tidak bisa bertahan lama. "Kalau memakai besi, kami tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli semua itu," ungkapnya.

Hasni, ketua RT 03 menjelaskan, bahwa di wilayah Kampung Cisarua dilewati aliran Kali Cimanciri. Menurutnya, ada sekitar dua jembatan kayu di Kampung Cisarua, semua kondisinya memprihatinkan.

Dia mengaku, meski Pemerintah Desa sudah sering mengajukan pembangunan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan untuk diusulkan ke pemerintah daerah, namun sampai saat ini belum ada upaya perbaikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Sering kami mengajukan perbaikan kepada pemerintah, namun sejauh ini belum ada realisasinya. Setiap kali jembatan rusak, kami memperbaiki dengan swadaya serta seadanya," tuturnya.

Warga di sini meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk melakukan upaya-upaya perbaikan agar masyarakat dapat dengan tenang ketika melewati jembatan penghubung tersebut. Serta, tidak selalu dibayang-bayangi ketakutan setiap kali melintasi jembatan yang terancam roboh tersebut. 

"Kami meminta kepada Pemkab Bogir dan dinas terkait untuk dapat memperbaiki jembatan penghubung tersebut. Lantaran, jembatan tersebut begitu penting keberadaannya untuk masyarakat," tandasnya. (Ozos)