Breaking News

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Selenggarakan Pelatihan Berbasis Masyarakat

CIBINONG -  Untuk mengikut sertakan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran berbasis masyarakat dengan melibatkan unsur masyarakat.

Dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan pemantapan berupa materi dan praktek dilapangan dari mulai dari teknik penggunaan Alat pemadaman api ringan (APAR) dan pengenalan keterampilan pemadaman api secara manual yang masih bisa ditangani.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bogor, Epi Rupali melalui Sekdis Damkar dan Penyelamatan, H. Makmur menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa (21/2/17), bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan kebakaran.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini nantinya diharapkan para peserta dapat ikut berperan aktif dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran diwilayah masing-masing.

"Dari pengetahuan dan praktek yang di dapat, kami harapkan para peserta dapat berperan aktif menanggulangi kebakaran, sehingga dampak kebakaran tidak meluas dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar, sebelum pertugas Damkar datang," tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia juga meminta kepada para peserta untuk membagikan ilmu kepada keluarganya serta masyarakat di wilayahnya masing - masing tentang sistem pencegahan kebakaran ini.

Disamping itu, lanjut Makmur, pihaknya juga sering menerima kunjungan dari siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK), kunjungan mereka tak lain untuk untuk memberikan pemahaman serta mengedukasi pengetahuan tentang bahaya kebakaran sejak dini.

"Edukasi perlu dilakukan sejak dini, dengan menambah wawasan pengetahuan tersebut anak-anak sekolah dapat mengetahui bahaya dan penyebab terjadinya kebakaran, sehingga siswa-siswi secara refresif dapat mencegah dan meminimalisir dampak kebakaran," kata H.Makmur yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Kedaruratan dan Llgistik di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Menurutnya, selain itu, masih ada beberapa program kegiatan untuk mengasah keterampilan anggotanya salah satu diantaranya, memberangkatkan lima orang anggota Satlakar untuk ikut serta dalam latihan gabungan dengan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja (ATS), dengan rute menuju Altri Cianjur, Cibalingbing Sukabumi dan finis di Ujung Genteng dengan berjalan kaki.

"Kegiatan itu merupakan kegiatan rutin pihak Lanud ATS yang dilakukan setiap tahun sekali dan sudah berjalan selama 3 tahun dan satu tahun sekali," imbuhnya.

Sedangkan untuk kegiatan rutin, para anggota satlakar diberikan pelatiha mulai dari PBB, PLM, PUDD, PUDL, TUM dan pengetahuan yang terkait dengan kedamkaran lainnya termasuk pengetahuan tentang kelembagaan dengan mendatangkan Instruktur dari Kodim serta Instruktur dari Dinas Pemadam Kota Depok dan Internal.

"Dengan adanya berbagai pelatihan bagi anggota satlakar ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan serta mereka lebih disiplin dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan tugas dan fungsinya," harap Makmur.

Makmur juga mengatakan, pada tanggal 26 hingga 27 Pebruari pihaknya mengirim 14 personil yang di bagi dua regu masing-masing yerdiri dari tujuh orang untuk mengikuti Skill Compotition di Cibubur, dalam rangka HUT Pemadam Kebakaran Ke-98 yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2017.

"Pada tanggal 1 Maret, kami juga mengirimkan sekitar 25 orang tim oficial dan supporter untuk menghadiri puncak peringatan hari Damkar secara Nasional yang di selenggarakan di Silang Monas, Jakarta," tambahnya.

Dalam memperingati HUT Damkar, pada tanggal 6 Maret pihaknya juga rencananya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanganan pemadam kebakaran dengan mengundang SKPD terkait serta Dinas Damkar Kota dan Kabupaten terdekat. "Jumlah kegiatan sangat banyak, sementara jumlah personilnya sangat terbatas," pungkasnya. (IB)