» » » » » Waspada Cuaca Ekstrem Masih Menghantui Jabodetabek Hingga April Mendatang

 

BOGOR - Badan Meteorologi, Klima­tologi dan Geofisika (BMKG) mengelu­arkan peringatan dini terkait cuaca buruk yang diprediksi terjadi di wilayah Bogor hingga April 2017. "Maret sampai April diperkirakan terjadi angin dan petir," kata Ke­pala Stasiun Klimatologi Dramaga Dedi Sucahyono.

Dedi menjelaskan, sebenarnya sulit menentukan titik rawan ben­cana di wilayah Kabupaten Bogor. Sebab, kejadian itu tergantung dari atmosfer. "Karenanya, dengan curah hujan yang sangat ekstrem ini diharapkan masyarakat Bogor dapat lebih waspada jika hujan de­ras maupun angin kencang tengah melanda," himbaunya.

Disamping itu, ia juga meminta masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan untuk mewaspadai ben­cana tanah longsor. "Selain itu juga yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) agar mewaspa­dai meningkatnya debit air yang mengakibatkan banjir," tambahnya.

Menurutnya, berdasar­kan pantauan satelit citra cuaca BMKG, monsun Asia mulai aktif sehingga menyebab­kan melemahnya monsun Aus­tralia. Kondisi ini mengakibat­kan curah hujan dengan inten­sitas sedang hingga deras dengan durasi lama meng­guyur wilayah Jabodetabek. "Kejadian ini juga merata di sejumlah daerah di Jawa Barat," urainya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Ben­cana Derah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo menga­ku pihaknya telah menyiapsia­gakan personel BPBD jika terjadi hal yang tak diinginkan, seperti bencana alam yang terjadi sewaktu-waktu. Selain Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tim Reaksi Cepat (TRC), Pus­dalops dan Pusdatin juga disiagakan. "Kami terus ber­koordinasi dengan aparatur wilayah untuk memonitor keadaan. Kami menyiapkan 60 personel," singkatnya. (IB)

About 87 Online News

Terima Kasih Telah Mengunjungi 87 Online News. Untuk Informasi, Publikasi Dan Pemasangan Iklan Silahkan Hubungi 87onlinenews@gmail.com atau Hotline Service Kami di 081280533349
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply