Buang Sampah Di Aliran Sungai, Hotel Puri Mandiri Dikeluhkan Warga -->

Adsense




Buang Sampah Di Aliran Sungai, Hotel Puri Mandiri Dikeluhkan Warga

87 Online News
Kamis, 09 Februari 2017


MEGA MENDUNG - Hotel Puri Mandiri yang berlokasi di kawasan Desa Sukamahi, Kecamatan Mengamendung, Kabupaten Bogor diduga membuang sampah di aliran sungai Cimenteng.

Hal itu terlihat dari banyaknya sampah yang menumpuk diantara rumpun bambu di atas aliran Sungai Cimenteng yang jaraknya tidak jauh dari belakang hotel tersebut serta adanya jalan setapak diantara semak belukar dari lokasi hotel sampai ke lokasi pembuangan sampah.

Informasi yang dihimpun dari salah seorang tokoh masyarakat di Kampung Pabuaran RT 03/01 mengatakan, hal itu berlangsung selama lima tahun sejak beroperasinya hotel tersebut.

"Masyarakat sebetulnya merasa keberatan, namun banyak yang belum faham atas dampak dari sampah tersebut. Tetapi pada dasarnya itu memang merupakan pelanggaran," terang Iwan, tokoh masyarakat setempat dilokasi pembuangan sampah, Selasa (7/2/17).
Jalan setapak dari hotel Puri Mandiri menuju tempat pembuangan sampah
Menurutnya, saat di guyur hujan sepanjang aliran Sungai Cimenteng mulai dari Kampung Pabuara hingga Gadog  sering kali di penuhi sampah yang ikut terbawa air. “Kalau turun hujan, air meluap sampah tersebut ikut terbawa air. Kalau ditelusuri sepanjang saluran sungai Cimenteng penuh sampah, 90 persen sampah non organik yang sulit diurai," tuturnya.

Sedangkan, lanjut dia, di bawah tumpukan sampah itu ada sumber mata air yang di gunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari baik untuk mandi, mencuci serta untuk memasak.

“Seharusnya hotel sebagai pelaku bisnis di bidang pariwisata harus mempunyai manajemen yang baik terutama dalam pengelolaan sampah. Tumpukan sampah yang dibiarkan sembarangan pasti akan mencemari lingkungan,” tegasnya.

Dia mengatakan, jika hal itu dilakukan oleh warga maka yang dilakukan adalah pembinaan, namun jika dilakukan oleh pengusaha maka harus ada pembenahan."Kami meminta kepada pihak terkait agar membenahi hal itu agar tidak mencemari lingkungan," pungkasnya. 

Ketika di konfirmasi melalui Whats App Messengger, pihak Hotel Puri Mandiri tidak memberikan tanggapan apapun. (IB)