Bogor Dilanda Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Selalu Waspada -->

Adsense




Bogor Dilanda Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Selalu Waspada

87 Online News
Jumat, 10 Februari 2017

BOGOR - Curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi cukup lama berpeluang terjadi di wilayah Bogor dan sekitarnya hingga akhir Februari 2017. Hal itu diungkapkan Dedi Sucahyono, Kepala Stasiun Klimatologi Dramaga, Bogor.

Menurutnya, saat ini, wilayah Bogor telah memasuki masa puncak musim hujan. Dimana, curah hujan tinggi rata-rata di atas 50 milimeter dan durasi di atas tiga jam.

"Cuaca yang ekstrem ini dipicu oleh proses pertumbuhan awan hujan di laut sekitar Jabodetabek. Suhu muka laut di sekitar Indonesia masih hangat, sehingga suplai uap air untuk awan-awan hujan cukup potensial," tutur Dedi Sucahyono, saat ditemui di kantor Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), stasiun pencatat hujan Klimatologi Dramaga, Bogor, Jumat (10/2/17).

Dikatakannya, awan yang terbentuk pada masa transisi adalah awan hujan konvektif yang berpotensi petir, hujan lebat sehingga kondisi cuaca sangat ekstrim seperti yang terjadi saat ini. "Untuk wilayah Bogor, masa musim penghujan masih akan terjadi hingga akhir April 2017," katanya.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap bencana yang mungkin saja terjadi akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lebih lama.

"Untuk masyarakat yang tinggal diwilayah dataran tinggi atau perbukitan, agar mewaspadai bencana tanah longsor. Sedangkan untuk masyarakat di dataran rendah, terutama di sepanjang aliran sungai diminta waspadai bencana banjir," imbaunya. (CTR 3)