Breaking News

Baru Selesai Di Bangun, TPT Jalan Gobang Cidokom Ambruk

RUMPIN - Tembok tebing penahan tanah (TPT) di ruas jalan Gobang - Cidokom, tepatnya di Kampung Parung Badak RT03/RW01, Desa Cidokom Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor ambruk akibat diguyur hujan.

Ironisnya, Pembangunan TPT yang ambruk sepanjang kurang lebih 25 meter itu baru selesai dibangun sekitar tiga bulan lalu oleh CV. Pangadegan dengan konsultan pengawas PT. Bina Index Consult.

Bahari (50) salah seorang warga setempat menuturkan, ambruknya tembok penahan tebing aliran sungai Cisadane atau di bahu jalan utama penghubung Kecamatan Rumpin, Cibungbulang dan Ciampea itu terjadi akibat hujan yang terus menerus menguyur pada Kamis (16/2/17), sekitar pukul 00.01 WIB, malam. Tidak adanya drainase di ruas jalan menjadi salah satu pemyebab longsor tersebut.

"Kejadiannya saat hujan lebat tengah malam, sekitar jam 12 malam. Tidak adanya drainase juga menjadi salah satu penyebab, jika pembangunan TPT-nya itu bagus, pasti tidak akan mengalami longsor. Mungkin pembangunannya tidak maksimal, makanya ambruk," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Tatang, Kepala Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin. Menurutnya, ambruknya jalan tersebut tidak adanya drainase. Akibatnya, air hujan dari bahu jalan ngalir ke tebing tersebut.

Pihaknya dan masyarakat lainnya sangat berharap sekali TPT yang mengalami ambruk itu segera diperbaiki kembali. Karena kalau tidak cepat diperbaiki, longsornya akan semakin melebar dan akan mengganggu aktivitas warga ketika melintas karena kondisinya sangat menghawatirkan.

"Saya sudah melaporkan soal ambruknya turap tersebut ke Dinas Bina Marga dan pihak terkait akan bertanggung jawab," jelasnya. (AD/Ozos)