Saluran Irigasi Dipenuhi Sampah, UPT Pengairan Tutup Mata -->

Adsense




Saluran Irigasi Dipenuhi Sampah, UPT Pengairan Tutup Mata

87 Online News
Jumat, 06 Januari 2017

KAB.BOGOR - Setiap memasuki musim penghujan saluran Irigasi di sepanjang Jalan Raya Pasir Gaok, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, sangat memprihatinkan, lantaran saluran yang di klaim milik PSDA itu selalu dipenuhi sampah.

Hal itu membut masyarakat resah, karena akan berdampak terhadap meluapnya air dan mengakibatkan banjir. Namun ironisnya dengan kondisi tersebut, Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) dan UPT Pengairan Wilayah III Parung seakan tutup mata.

Nano, warga sekitar mengatakan,
akibat saluran irigasi mengalami pendangkalan dan dipenuhi sampah, belum lama ini, air dari saluran tersebut meluap ke Jalan Raya, sehingga arus lalu lintas di jalur tersebut macet total.

"Setiap hujan tiba, air irigasi sering meluap ke jalan raya dan sepanjang jalan dan sebagian pemukiman warga terendam banjir," kata Nano, Jumat (06/01/17).

Untuk itu, ia mempertanyakan kinerja PSDA dan UPT Pengairan yang melakukan pembiaran sampah memenuhi saluran irigasi.
"Ini sampah sudah lama mas, kalau di angkat bisa mencapai puluhan ton, tapi anehnya lagi malah tetap di biarkan saja," ujarnya.

Pria yang mengajar di salah satu sekolah swasta di Kemang itu menambahkan, jika terjadi luapan air irigasi, bisa merendam ruas jalan dengan ketinggian 30 senti meter, dan bisa merusak jalan dijalur tersebut.

"Memang benar itu milik PSDA, tapikan ada UPT Pengairan yang berwenang melakukan perawatan, tapi sampai hari ini belum ada action baik dari PSDA maupun UPT, saya berharap dinas terkait bisa mendengar keluhan masyarakat," imbuhnya.

Sementara Deni warga lain dari kampung yang sama mengaku, warga sekitar sudah berulang kali melayangkan surat untuk perbaikan saluran irigasi ke pihak PSDA dan UPT Pengairan namun  tidak di respon.

"Saya harap pihak Kecamatan bisa mendesak PSDA Provinsi Jawabarat dan UPT Pengairan, agar saluran irigasi tersebut segera diperhatikan," pintanya. (Sah/IB)