Pemda Dan PT KAI Jangan Saling Lempar Tanggung Jawab -->

Adsense




Pemda Dan PT KAI Jangan Saling Lempar Tanggung Jawab

87 Online News
Rabu, 04 Januari 2017

BOGOR - Menanggapi adanya palang pintu perlintasan kereta apai yang terbuat dari bambu, di Jalan Kebasiran, Kecamatan Parung Panjang, Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mendesak pemerintah daerah untuk segera memasang palang pintu permanen di setiap lintasan kereta api yang dilalui oleh kendaraan umum jangan sampai menunggu jatuh korban jiwa.

Menurutnya, hal ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor yang harus segera diatasi. Disamping itu, PT KAI juga harus berkoordinasi dengan Pemda dimana saja yang perlu segera dipasang pintu perlintasan. 

"Jangan sampai antara pemerintah pusat dan daerah saling lempar tanggung jawab. Apapun yang menyangkut kepentingan bersama harus diatasi bersama," tegasnya.

Selain itu, Egi juga meminta agar PT KAI dan Pemkab Bogor meminimalisir perlintasan kereta di jalan-jalan kecil. Namun, jika tidak dimungkinkan, maka pemerintah juga harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan lalulintas.

"Kalau dipertahankan maka pemerintah Desa harus menyiapkan palang pintu dan penjaganya dari APBDes. Bukan hanya pemasangan palang pintu perlintasan yang permanen, tetapi termasuk personil penjaganya juga harus diperhatikan,"cetusnya.

Egi menambahkan, sebaiknya sebelum ada program dari Kementrian Perhubungan maupun Pemkab Bogor, masalah perlintasan ini bisa dilakukan dengan gotong royong antara dua Desa, yakni Desa Parungpanjang dan Desa Kabasiran. "Harusnya pemerintah termasuk jajaranya mengkordinasikan sampai detail dengan semua tingkatan di pemerintahan,"pungkasnya. (Ozos)