Korban Bencana Di Kecamatan Ciawi Diguyur Dana Bantuan Tidak Terduga -->

Adsense




Korban Bencana Di Kecamatan Ciawi Diguyur Dana Bantuan Tidak Terduga

87 Online News
Kamis, 26 Januari 2017

CIAWI - Puluhan warga korban bencana diwilayah kecamatan Ciawi, menerima bantuan dana tidak terduga (BTT) dari Pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat yang disalurkan langsung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, di Aula Kantor Kecematan Ciawi, Kamis (26/1/17).

Dana bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kabid Kedaruratan dan logistik kepada masing-masing penerima yang disaksikan oleh kepala desa diwilayah yang bersnagkutan, Kasie  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat yang mewakili camat Ciawi, serta beberapa staf dari BPBD Kabupaten Bogor.

Kepala bidang kedaruratan dan logistik, KM Tb Sumardi, S.Sos,MSi memaparkan bahwa data korban bencana yang terjadi diwilayah kecamatan Ciawi yang mendapatkan dana bantuan tidak terduga tercatat sebanyak 28 Kepala keluarga (KK) yang berasal dari empat desa di kecamatan Ciawi diantaranya, desa Pandansari sejumlah 2 kk, di desa Banjarwangi sebanyak 7 kk dan desa Bitungsari 3 kk, sedangkan korban bencana terbanyak di desa Cibedug yakni 16 kk. "Data keseluruhan korban bencana yang tercatat di wilayah kecamatan Ciawi saat ini sebanyak 28 kepala keluarga dengan bencana yang berbeda yakni, bencana angin puting beliung, Longsor, Kebakaran dan banjir,"urainya.

Lanjut, Sumardi mengungkapkan, total anggaran yang dibagikan untuk seluruh korban tersebut senilai Rp150 juta yang terbagi dua ketegori sesuai kondisi kerusakan. "Untuk yang rumahnya mengalami rusak sedang masing-masing menerima Rp5 juta, sedangkan yang mengalami rusak berat sebesar sebesar Rp 10 juta,"ungkapnya, saat memberikan arahan kepada para penerima bantuan.

Dikatakannya, pengambilan dana bantuan ini tidak dapat diwakilkan kepada pihak lain, kecuali oleh anggota keluarga atau ahli waris korban yang tercantum didalam kartu keluarga dengan menunjukan KTP asli sebagi bukti dan dana tersebut tepatbsasaran. Ia berharap dengan adanya dana bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana dan digunakan sesuai peruntukannya.

"Saya tegaskan kepada penerima agar dana bantuan ini digunakan sesuai dengan peruntukannya. Karena nanti akan dilakukan pengecekan langsung oleh BPK kepada penerima untuk memastikan bahwa penyaluran dana tepat sasaran dan sesuai jumlah yang di berikan kepada penerima. Selain itu, jika dalam waktu tiga hari dana bantuan tidak diambil oleh penerima, maka kami akan mengembalikan dana tersebut ke kas negara,"tegasnya.

Disamping itu, dirinya mengingatkan kepada seluruh kepala desa yang hadir, jika terjadi bencana diwilayahnya agar kepala desa segera membuat laporan dan langsung menginformasikan kejadian kepada BPBD. "Kami sudah menciptakan tim relawan diwilayah untuk terjun langsung ke lokasi bencana setelah menerima laporan. Disamping itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) kami siagakan selama 24 jam di BPBD,"pungkas Sumardi, mantan Kasubag keuangan di BPBD serta mantan Auditor Madya pada Inspektorat Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan tersebut, Rachmawati selaku Kasie PKM kecamatan Ciawi mengingatkan kepada masyarakat diwilayahnya agar tetap selalu waspada, terlebih pada musim hujan yang bisa menimbulkan banjir dan tanah longsor.

"Saya mengimbau kepada masyarakat, terutama yang terkena banjir agar selalu waspada dan tetap menjaga lingkungan sekitar. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena  sampah menjadi salah satu sumber terjadinya banjir,"ujar Rahmawati. (IB)