Dana BTT Bantu Meringankan Beban Masyarakat Korban Bencana -->

Adsense




Dana BTT Bantu Meringankan Beban Masyarakat Korban Bencana

87 Online News
Rabu, 11 Januari 2017

BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berkomitmen menanggapi bencana yang belakangan sering melanda, seperti bencana alam dan kebakaran. Selain turun langsung ke lokasi bencana untuk melakukan evakuasi serta memberikan bantuan logistik, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Kabupaten Bogor menggelontorkan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung akan bencana tersebut.

Saepudin (38), salah satu korban bencana warga Kampung Cipanengah RT 03/04, Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Jawa Barat yang juga penerima bantuan mengungkapkan, dengan adanya bantuan tidak terduga ini sangat membantu meringankan beban yang dirasakan setelah tertimpa bencana longsor pada bulan Mei 2016 silam, hingga tempat tinggalnya mengalami rusak parah.

"Dinding rumah roboh tertimpa longsor saat hujan angin beberapa waktu lalu. Alhamdulilah, dengan adanya bantuan ini saya merasa terbantu karena bisa meringankan beban untuk memperbaiki tempat tinggal saya dan keluarga," ungkapnya.

Lanjut, Aep (sapaan akrabnya) mengatakan, dana yang diterima dari Pemkab Bogor memalui BPBD ini sebesar Rp 10 juta dan tidak ada potongan apa pun. "Karena kondisi rumah saya termasuk kategori rusak parah, sesuai ketetapan saya menerima dana bantuan sebesar Rp 10 juta dan tidak ada potongan apa pun,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, KM Tb. Sumardi, S.Sos.M.Si memaparkan, dana bantuan yang diserahkan kepada penerima atas nama Saepudin ini merupakan bantuan tidak terduga bagi korban bencana pada bulan Mei 2015, yang belum dicairkan oleh penerima.

"Ya, bantuan untuk korban bencana pada bulan Mei 2016, dan baru diambil hari ini oleh penerimanya. Sedangkan bantuan untuk korban bencana lainnya sudah di serahkan langsung kepada masing-masing penerima pada bulan Desember 2016," jelas Sumardi, usai menyerahkan dana BTT di ruang kerjanya, Selasa (10/1/17).

Untuk diketahui, dana Bantuan tidak terduga ini berasal dari pengeluaran tidak terduga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor dengan total anggaran kali ini sebesar Rp 1.714 720.000 yang diberikan kepada 279 Kepala Keluarga dari 47 desa di 27 kecamatan dengan jumlah 593 jiwa yang rumahnya terkena musibah pada bulan Mei 2016 lalu yang berdasarkan dengan catatan diantaranya, rusak berat 63 rusak berat, 187 rusak sedang.

Sumardi menegaskan, adanya bantuan ini tidak langsung serta merta didapat, karena harus melalui proses tertib administrasi. "Diharapkan, dengan adanya pemberian bantuan ini dapat memberikan semangat bagi korban bencana untuk kembali mandiri sekaligus mewujudkan perhatian dari Pemerintah untuk mengurangi beban kepada masyarakat yang terkena bencana," pungkasnya. (IB)