Warga Kabupaten Bogor Ramai-Ramai Datangi Kantor BPBD -->

Adsense




Warga Kabupaten Bogor Ramai-Ramai Datangi Kantor BPBD

87 Online News
Kamis, 22 Desember 2016

 

KAB.BOGOR - Ratusan warga masyarakat Kabupaten Bogor yang terbagi dari beberapa desa di 27 kecamatan beramai-ramai mendatangi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, di Jalan Setu Cikaret, Kelurahan Harapan Jaya, Kelurahan Cibinong, Kamis (22/12/16).

Ratusan warga yang merupakan korban bencana tersebut berkumpul sejak pukul 08.00 WIB. Menurut salah seorang warga mengatakan, bahwa kedatangan mereka tak lain bertujuan untuk mengambil dana bantuan tidak terduga (BTT) bagi para korban bencana yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor melalui BPBD.

Ketua tim verifikasi dan pendistribusian bantuan dana tidak terduga KM,Tb. Sumardi, S.Sos.M.Si. menuturkan, dana bantuan tidak terduga (BTT) ini disalurkan kepada masyarakat korban bencana sesuai dengan kejadian bencana serta sesuai data dan peraturan yang berlaku.

"Saat ini bantuan yang diserahkan untuk korban bencana yang terjadi pada bulan Mei 2016, dengan total anggaran Rp 1.714.720.000 untuk 279 kepala keluarga, 593 jiwa yang berada di 27 kecamatan di Kabupaten Bogor yang rumahnya terkena musibah diantaranya, 63 rusak berat, 187 rusak sedang  dan 25 rumah mengalami rusak ringan,"paparnya.

Selain itu, agar tepat sasaran, bantuan tersebut juga disalurkan langsung kepada penerima dan tidak bisa di wakilkan kepada siapapun serta haris di dampingi oleh kepala desa atau pihak pemerintahan setempat. "Dana bantuan juga baru bisa dicairkan jika data pengajuan sudah mendapat SK ketetapan dari bupati, serta verifikasi dari kepala BPBD," tambahnya.

Dana bantuan tersebut, lanjutnya, diterima sesuai jumlah yang sudah ditetapkan bagi masing-masing penerima sesuai dengan kriteria data kerusakan rumah masing-masing. "Tanpa potongan apa pun, kami serahkan full sesuai dengan ketetapan yakni masing-masing Rp 5 juta untuk warga yang rumahnya mengalami rusak ringan atau sedang, dan Rp 10 juta bagi yang rumahnya rusak berat akibat bencana," tegas Sumardi, mantan Auditor Madya pada kantor Inspektorat Kabupaten Bogor.

Senetara itu, Asep, salah satu warga Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang mengatakan dirinya sangat berterima kasih atas bantuan dari pemerintah Kabupaten Bogor ini, diakuinya, dengan adanya bantuan tersebut sedikitnya dapat membantu meringankan beban atas musibah yang dialaminya beberapa waktu lalu. 

"Alhamdulillah, dengan adanya bantuan ini bisa membantu meringankan beban saya akibat bencana yang menimpa rumah saya. Bantuan juga saya terima utuh tanpa potongan apa pun,"ungkapnya, usai menghitung langsung dana bantuan yang diterimanya. (Ibra)