Puluhan Desa Akan Ikuti Pilkades Serentak -->

Adsense




Puluhan Desa Akan Ikuti Pilkades Serentak

87 Online News
Minggu, 25 Desember 2016

CIBINONG - Badan pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor kini sedang mempersiapkan pemilihan kepala desa yang akan berlangsung secara serentak dalam dua gelombang.

Pertama tanggal 12 Maret 2017 dengan diikuti 36 desa dan sesi kedua tanggal 28 Oktober 2018 sebanyak 19 desa.

"Berbagai persiapan untuk pilkades serentak, sudah kami lakukan. Salah satunya dengan melakukan sosialisasikan ke masing-masing desa yang termasuk dalam pilkades serentak," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor,Ir.Deni Ardiana, kepada 87 onlinenews (Wira Desa Group.

Menurutnya, sebagai leading sektor dalam menangani pemerintahan desa, BPMPD Kabupaten Bogor, terus mensosialisasikan tentang peraturan dan pembagian pemilihan bagi kepala desa se Kabupaten Bogor, dengan diikuti 80 orang perwakilan dari masing-masing kecamatan dan desa.

"Pilkades serentak yang paling banyak akan terjadi di bulan Februari tahun 2020 yakni hampir 339 desa," ujarnya.

Ditambahkan Deni, bagi jabatan kepala desa yang masa jabatannya sudah akan habis, bisa digantikan oleh anggota PNS yang bertugas di desa, dan pengangkatannya secara langsung oleh pihak kecamatan sebagai pelaksana tugas (plt).

"Sebetulnya bisa juga dijabat oleh sekdes, tapi dengan catatan statusnya PNS. Kalau di luar itu, tidak bisa," katanya.

Desa wajib memberikan sosialisasi kepada masyarakat sebagai bahan informasi. Selanjutnya, BPMPD akan membentuk panitia untuk pilkades serentak pada gelombang pertama. Selain "hajatan" Pilkades, pada tahun 2018, Kabupaten Bogor juga memasuki Pilkada serentak. (Ibra)