Peternak Ikan Hias Di Ciseeng Butuh Perhatian Pemkab Bogor -->

Adsense




Peternak Ikan Hias Di Ciseeng Butuh Perhatian Pemkab Bogor

87 Online News
Kamis, 08 Desember 2016

KAB.BOGOR - Kecamatan Ciseeng memiliki potensi di sektor perikanan, ada sentra benih ikan hias, dan air tawar paling tingg. Tentunya tak salah jika Pemerintah Kabupaten Bogor menunjuk Kecamatan Ciseeng menjadi kawasan Minapolitan yang ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Perikanan Budidaya.

Sebagai kawasan Minapolitan, Kecamatan Ciseeng memiliki banyak peternak ikan mulai dari ikan konsumsi mau pun ikan hias yang diharapkan menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat setempat, dapat dilihat dari banyaknya kolam-kolam ikan yang terdapat di halaman rumah warga sebagai bukti keseriusan warga dalam menjalankan usaha dibidang perikanan. Namun, dalam menjalankan usaha tersebut tak luput dari berbagai kendala mulai dari kurangnya sarana dan prasarana serta dukungan modal yang kuat.

seperti yang dialami Encep Syaeful Bahri (38), salah satu peternak ikan hias di Kampung Cimeong RT 004/002, Desa Cibeuteng Muara, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Dirinya mengaku sudah lama menjalankan usaha dibidang budidaya ikan konsumsi, namun karna keterbatasan modal akhirnya bapak dari tujuh orang anak ini beralih profesi menjadi peternak ikan hias. "Selama ini para peternak ikan sulit mengembangkan usaha karena terbentur masalah permodalan," ujarnya kepada Wira Desa.

Lanjut, Encep menjelaskan, jenis ikan hias yang ia kembangkan saat ini yaitu jenis ikan Khohuqu dari mulai pembenihan hingga masa panen sekitar 2 bulan lebih. Menurutnya, hasil panen tersebut tidak di pasarkan ke beberapa daerah, melainkan hanya menunggu pengepul diwilayah Desa Cibeuteng dan sekitarnya dengan harga Rp200 rupiah per ekor. "Ikan hias yang saya ternak cuma satu jenis saja, karna kurangnya modal. Padahal, ikan-ikan hias itulah yang menjadi andalan dan laku di pasar ekspor,"jelasnya.

Meski ditengah keterbatasan, namun hingga saat ini dirinya masih tetap semangat untuk terus menjalankan usahanya tersebut. "Kalau dikatakan untung, ya lumayanlah buat nambah-nambah kebutuhan rumah tangga, kalau harga lagi bagus biasanya dapat sekitar Rp 2 juta per bulan. Itu juga belum termasuk biaya untuk pakan," ungkapnya.

Untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut, dirinya sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor, baik dalam sarana dan prasarana maupun kebutuhan lainnya seperti yang telah dijanjikan Bupati Bogor, Nurhayanti di acara Rebo Keliling (Boling), bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor dengan sangat serius akan memberikan dukungan pada perkembangan sektor perikanan di Kecamatan Ciseeng, melalui kegiatan penyuluhan kepada para peternak ikan, agar mampu menghasilkan benih yang berkualitas serta mensubsidi harga pakan dan juga lahan untuk pengembangan bibit ikan hias dan air tawar.  "Harapan saya sih semoga pemerintah Kabupaten Bogor memberikan bantuan dan lebih memperhatikan lagi para peternak ikan yang berada di Desa Cibeuteng Muara," tandasnya. (Mulya Diva)