Malam Tahun Baru, Jalur Cianjur Arah Puncak Akan Ditutup -->

Adsense




Malam Tahun Baru, Jalur Cianjur Arah Puncak Akan Ditutup

87 Online News
Selasa, 27 Desember 2016

CIANJUR - Untuk menghindari kepadatan di Jalur Puncak pada malam menjelang pergantian tahun, Kepolisian Polres Cianjur, Jawa Barat akan menutup jalur menuju Puncak dari arah Cianjur menjelang dan hanya warga sekitar yang diperbolehkan melintas setelah pukul 18.00 WIB.

Penutupan jalur tersebut akan diberlakukan mulai dari Perempatan Dr Muwardi-By Pass sampai Puncak Pass, jalur tersebut akan dibuka kembali menjelang dini hari. Termasuk selama dua hari menjelang dan sesudah tahun baru, Jalur Puncak-Cianjur, tertutup bagi kendaraan berat seperti bus dan truk.

"Untuk kendaraan berat seperti bus dan truk akan dialihkan melalui jalur Jonggol atau Sukabumi, kecuali truk pengangkut BBM dapat melintas seperti biasa. Sedangkan kendaraan umum bernopol luar kota tidak dapat melintas setelah pukul 18.00 WIB pada tanggal 31 Desember," kata Kasatlantas Polres Cianjur, AKP R Erik Bangun Prakarsa di Cianjur, Senin (26/12).

Dia menjelaskan, pemberlakukan tutup jalur menuju kawasan Puncak, baik dari arah Cianjur atau dari arah Bogor, diberlakukan untuk pendatang yang hendak menghabiskan liburan akhir tahun atau perayaan tahun baru di kawasan tersebut.

Menurutnya, bagi warga yang tinggal di sepanjang jalur yang ditutup tersebut, akan diarahkan mengunakan jalur alternatif jika jalur utama mengalami kepadatan menjelang malam pergantian tahun. "Untuk pendatang atau wisatawan yang hendak menghabiskan libur akhir tahun, harus sudah masuk sebelum jam 18.00 WIB," katanya.

Ditutupnya jalur menuju Puncak dari arah Cianjur, atau dari Bogor, pada malam pergantian tahun, adalah upaya mencegah terjadinya macet total di sepanjang jalur tersebut hingga puluhan kilometer. Bahkan menjelang sore pada tanggal 31 Desember, pihaknya akan melakukan sterilisasi di sejumlah pusat keramaian di kawasan Puncak.

"Pusat perayaan pergantian tahun di kawasan Puncak akan terpusat di kawasan Segar Alam, beberapa ratus meter dari tugu perbatasan antara Cianjur dengan Bogor. Sedangkan di kawasan Cipanas, keramaian setiap tahun terlihat di Kota Bunga, Green Appel dan Jalan Raya Pasekon," katanya.

Sedangkan pusat perayaan malam tahun baru yang menjadi perhatian pihaknya di wilayah Cianjur kota, seperti Alun-alun Cianjur, Lapangan Prawatasari-Joglo, Perempatan Shanghay, Lapangan Parkir Supermall, eks Terminal Muka, BCNY dan The Jhon. (Ahmad Muhtadin)