Lahan Bekas Galian C Berubah Jadi Tempat Wisata -->

Adsense




Lahan Bekas Galian C Berubah Jadi Tempat Wisata

87 Online News
Jumat, 30 Desember 2016

KAB.BOGOR - Sebuah tempat bekas galian C milik PT Quari Jayamix di perbatasan Kecamatan Rumpin dan Kecamatan Cigudeg, tepatnya di Kampung Nungga Herang, Desa Tegal Lega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor Jawa Barat mendadak berubah menjadi sebuah danau alami dengan air berwarna biru seperti laut.

Fenomena alam ini pun tak pelak membuat lokasi tersebut banyak dikunjungi wisatawan, mulai dari warga sekitar, sampai turis domestik. Oleh warga sekitar tempat tersebut diberi nama Danau Patenjoan.

Diaamping itu, selain mendatangkan para wisatawan, keberadaan tempat tersebut saat ini menjadikan sumber penghasilan tambahan bagi warga sekitar khususnya para pemilik rakit yang terbuat dari bambu.

Enok, pemilik getek atau rakit sewaan mengatakan, untuk tarif penyewaan rakit tersebut bervariasi yakni Rp 5000 untuk para pelajar dan Rp 10.000 untuk dewasa atau umum.

"Saya kasih harga bervariasi, untuk anak-anak Rp 2000, pelajar Rp 5.000 dan dewasa atau umum Rp 10.000. Pengunjung yang datang kebanyakan warga Jabodetabek, bahkan Sukabumi dan Bandung,"tuturnya, saat ditemui dilokasi, Kamis (29/12/16).

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Sawangan Depok mengatakan, dirinya sering berkunjung ke danau tersebut, namun baru kali ini dirinya mengajak keluarganya untuk berkunjung ke tempat tersebut.

"Saya sudah sering datang ke sini, cuma baru sekarang ngajak keluarga. Tempatnya bagus, apalagi dengan adanya wahana baru yaitu getek. Jadi lebih seru,"ungkapnya.

Pantauan di lokasi, sejumlah pengunjung danau seluas sekitar 4 hektar tersebut kebanyakan merupakan anak sekolah dan warga sekitar, serta beberapa pengunjung dari luar kota nampak asyik berfoto ria di depan danau.

Namun sangat disayangkan, destinasi wisata ini belum mendapat perhatian baik dari pemerintah desa melalui BUMDesa mau pun Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Terkait. Padahal, jika dikelola dengan baik kawasan tersebut bisa meningkatkan PAD, serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. (Mulya Diva)