Ditarget Rp 40 Juta Pertahun, Pengelola Goa Gudawang Menjerit -->

Adsense




Ditarget Rp 40 Juta Pertahun, Pengelola Goa Gudawang Menjerit

87 Online News
Senin, 26 Desember 2016

BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor mentargetkan Rp 40 juta pertahun kepada pihak pengelola kawasan wisata Goa Gudawang mengisahkan kesedihan bagi Ketua pengelola dari penghasilan para pengunjung. Hal tersebut, mengisahkan kesedihan bagi pengelola kawasan wisata itu sendiri.

"Pasalnya, dengan target tersebut tidak sebanding dengan pendapatan pengelola, karena hampir sepuluh tahun pengunjung Goa Gudawang mengalami penurunan akibat kurangnya perhatian dari pemkab Bogor sendiri dari berbagai fasilitas yakni, pengembangan atau perluasan area hingga pemasaran untuk lebih menarik para pengunjung," ungkap Helmi selaku ketua pengelola obyek wisata Goa Gudawang.

Menurutnya, di kawasan ini terdapat lebih dari 15 Goa yang di kelola, namun baru tiga goa yang sudah dikembangkan diantaranya Goa Simenteng, Goa Simasigit dan Goa Sipahang. Karena itu, dirinya berharap, kepada pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) agar lebih memperhatikan lagi tempat wisata tersebut. Dengan kondisi ini dirinya hanya sanggup memberikan kontribusi pertahun hanya sekitar 40 persen atau sekitar 20 juta dari jumlah yang ditargetkan.

"Saya berharap kepada Pemkab Bogor melalui dinas terkait untuk memperluas area serta menambah wahana baru yang bisa menjadi daya tarik pengungjung dengan keberadaan luas lahan Goa Gudawang sekitar tiga hektar lebih. Karena dengan target 40 juta itu sangat tinggi,"ujarnya.

Sementara itu, H Namar (59) salah satu pengununjung asal Gunung Sindur mengatakan, Wisata Goa gudawang memang sangat menarik untuk dikunjungi. "Cuma harus lebih tertata lagi supaya para pengunjung bisa menikmati suasana wisatanya. Saya sedih melihat kondisi wisata yang sepi ini dan seakan tidak terawat. Harapan saya sih harus gencar dipromosikan dan perawatan serta penataannya harus lebih diperhatikan lagi," Cetusnya.

Saat dikonfirmasi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Bogor rahmat Surjana mengatakan, Pihaknya tidak hanya fokus pengembangan di satu obyek wisata saja.
Terlebih, Goa Gudawang hanya tempat wisata musiman. Jadi kita lebih fokus mengembangkan obyek wisata yang lebih banyak dikunjungi wisatawan," singkatnya.

Sekedar untuk diketahui, bahwa goa-goa yang terletak di obyek wisata Goa Gudawang di wilayah Kecamatan Cigudeg ini merupakan goa alami yang terbentuk dari proses sedimentasi yang terjadi selama ratusan tahun yang lalu. Namun kurangnya perhatian dari pemerintah Kabupaten Bogor, Goa ini terkesan tidak terawat dan sepi dari para pengunjung. (MD)