Asyik Bogor Bakal Punya Kereta Gantung Terpanjang di Dunia -->

Adsense




Asyik Bogor Bakal Punya Kereta Gantung Terpanjang di Dunia

87 Online News
Kamis, 29 Desember 2016

BOGOR - Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) rencananya akan membangun proyek megah berupa kereta gantung (sky line) di kawasan Gunung Gede Pangrango.

Pembangunan sky line tersebut di klaim akan menjadi salah satu kereta gantung terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 30 kilometer yang melintasi kawasan hutan taman nasional.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Suyatno Sukandar mengatakan, rute perjalanan sky line tersebut nantinya akan menghubungkan kawasan Bodogol di Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dengan Cibodas dan Cianjur.

"Rencana pembangunan kereta gantung sudah melewati tahap pengkajian diantaranya, kajian kelayakan atau feasibility study (FS) pembangunan kereta gantung telah dilakukan sejak 2003, mulai dari Lembah Suryakencana (Gunung Gede) hingga Cibodas, Cianjur. Kemudian dilanjutkan hingga ke kawasan Bodogol, Cigombong, Kabupaten Bogor,"ungkap Suyatno.

Disamping itu, lanjutnya, dalam kajian tersebut juga meliputi kondisi kontur tanah, sumber mata air, bahkan ketinggian pohon yang ada di kawasan taman nasional.

"Tahapan pengkajian proyek sudah kita lakukan. Semuanya sudah bisa dilakukan serta aman jika proyek ini dibangun," kata Suyatno.

Menurutnya, proyek tersebut bakal menjadi satu-satunya objek wisata termegah di Indonesia, bahkan sky line terpanjang di dunia.

"Sky line paling panjang saat ini hanya 15 kilometer. Di Australia saya pernah naik (sky line) durasinya hanya 10 menit. Rencana yang akan kita bangun panjangnya 30 kilometer. Ini yang terpanjang di dunia. Sedangkan, Sky line yang akan dibangun ini waktu tempuhnya sekitar 1 jam dengan membelah kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,"paparnya kepada 87OnlineNews (Media Wira Desa Group).

Suyatno menambahkan, apabila pembangunan terwujud dipastikan akan menambah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Mereka juga dapat berwisata sambil menikmati keanekaragaman hayati dan cagar alam yang ada di sana.

"Ini juga untuk mencegah dan tidak merusak ekosistem. Karena wisatawan dapat melihat pemandangan puncak Gunung Gede Pangrango dari atas menggunakan kereta gantung,"pungkasnya. (Ib)

Foto: Ilustrasi